Indonesia Bebas Polio

PolioPOLIO: Menkes Nafsiah Mboi (kiri) saat pemberian vaksin polisi di Karawang, Jawa Barat. foto: Brigita Sicillia/INDOPOS
Jumat, 28 Maret 2014
Hari Ini : 1 Views, Keseluruhan : 183 Views

JAKARTA-Indonesia secara resmi dinyatakan bebas polio. Hal itu dipastikan melalui pemberian sertifikat bebas polio yang dilakukan WHO di New Delhi, India, kemarin.

“Negara-negara South East Asia Regional Office (SEARO) selain Indonesia yang juga ikut menerima sertifikat bebas polio, antara lain Banglades, Butan, Korea, India, Maladewa, Nepal, dan Myanmar,” jelas Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Tjandra Yoga Aditama, Jumat (28/3/2014).

Tjandra jelaskan, dalam even tersebut Dr. Poonam Singh, WHO SEAR Regional Director menjelaskan bahwa setelah pemberian sertifikat itu bukan berarti menurunkan upaya negara-negara SEARO untuk melakukan imunisasi polio. “Justru ini adalah sebuah komitmen untuk terus menguatkan imunisasi polio di negara masing-masing. Indonesia sendiri dengan mendapat sertifikat ini akan memastikan, bahwa setiap anak di Indonesia harus mendapatkan vaksin polio,” tegas Tjandra.

Indonesia akan terus meningkatkan cakupan imunisasi polio, termasuk proses perubahan vaksin ke arah B-OPV dan IPV, serta terus menjamin terlaksananya surveilans AFP diseluruh Indonesia. Sehingga nantinya, benar-benar seluruh dunia bebas dari polio sebagai penyakit kedua setelah cacar yang telah dieradikasi di muka bumi.

Jadi, lanjutnya, ini adalah pengakuan dunia internasional kedua kepada Indonesia, setelah eradikasi cacar pada masa Presiden Soeharto sekitar 1980-an. Tjandra juga memastikan, Indonesia sudah mendapat pengakuan dari WHO dan Unicef sebagai negara yang sudah berhasil melakukan eliminasi tetanus maternal neonatal (TMN) pada 88,7 persen kabupaten dan Kota yang meliputi 97,4 persen penduduk Indonesia. (sic)

Tag Terkait:

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


5 + 7 =

Irjen: Ada Sinyal Bagus Perubahan Penyelenggaraan Haji
Tanggal 24 July 2014

Hari Ini Pengisian 3.038 Sisa Kuota Nasional
Tanggal 21 July 2014

Pelunasan Haji Tahap Kedua Berakhir Hari Ini
Tanggal 17 July 2014

Hotel Calon Jemaah Haji di Makkah Sudah Siap
Tanggal 15 July 2014

Pelunasan Haji Tahap Kedua Dimulai Hari Ini
Tanggal 14 July 2014