Kemenag Rekrutmen Petugas Haji dengan Seleksi Terbuka

Utamakan Kenyamaan Ibadah Jamaah Haji

haji_naik_pswtIlustrasi. foto jpnn.com
Kamis, 15 Mei 2014
Hari Ini : 51 Views, Keseluruhan : 4,006 Views

JAKARTA-Penentuan petugas haji kerab dicibir karena sarat nuansa nepotisme. Kementerian Agama (Kemenag) berjanji menghapus sistem rekrutmen beraroma nepotisme itu. Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenag Mochammad Jasin menjelaskan, penunjukkan petugas haji bakal dilaksanakan melalui sistem seleksi terbuka.

’’Upaya ini untuk menghilangkan dugaan rekrutmen petugas haji yang didasari nopotisme atau persaudaraan,’’ ujarnya di Jakarta, kemarin. Jasin mengatakan, pemerintah ingin merekrut petugas haji yang benarbenar memiliki kompetensi sesuai dengan bidangnya.

Mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menuturkan, tes terbuka dijalankan untuk semua bidang petugas haji. Mulai dari petugas haji di bidang layanan ibadah, perumahaan atau pemondokan, transportasi, hingga urusan katering, dan keamanan.

Khusus untuk petugas haji bidang kesehatan, rekrutmennya ada di bawah komando Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Melalui perubahan sistem rekrutmen petugas haji itu, Jasin berharap pelayanan di bidang-bidang tadi ada perubahan. ’’Kita ingin peningkatan kualitas pelayanan diawali dari pembenahan sistem perhajian,’’ kata dia.

Jasin yakin, jika sistem ini berjalan dengan baik, setiap tahun kualitas pelayanan haji semakin meningkat. ’’Tujuan kami adalah jamaah haji itu bisa nyaman dalam melaksanakan ibadah,’’ ungkapnya. Selama ini sering muncul keluhan dari jamaah haji, terkait keberadaan petugas haji. Salah satunya terkait dengan petugas pemandu ibadah.

Jamaah mengeluh karena petugas lebih mengutamakan ibadahnya sendiri ketimbang jamaah yang dibimbing. Jasin menegaskan, seluruh jamaah haji harus merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah. Apalagi kepuasan itu bisa dirasakan jamaah sudah sebanding dengan biaya yang mereka keluarkan. (wan/ca)

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. trifar says:

    terimakasih atas infonya…

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


× 5 = 30

Layanan Bus Shalawat Untuk Jemaah Haji Telah Siap
Tanggal 21 June 2014

Tes Calon PPIH Dilaksanakan Profesional
Tanggal 18 June 2014

Menag Minta KPK Menangguhkan Pemeriksaan Petugas Haji
Tanggal 18 June 2014

Harga Ternak di Saudi Naik Jelang Ramadan
Tanggal 18 June 2014

MERS Menurun Tapi Tetap Waspada Saat Haji
Tanggal 18 June 2014