.

Unik…. Matahari Kembar Terlihat Disini

FENOMENA : Fenomena matahari ganda ini sebelumnya juga pernah terjadi di Kanada pada 2 November lalu. Kini hal yang sama sempat tertangkap kamera pada Jumat (12/4) antara pukul  17:49:28 hingga matahari tertutup awan pada  17:50:46 di Tarakan, Kalimantan Utara. AGOES SUWONDO/Radar Tarakan;

FENOMENA : Fenomena matahari ganda ini sebelumnya juga pernah terjadi di Kanada pada 2 November lalu. Kini hal yang sama sempat tertangkap kamera pada Jumat (12/4) antara pukul 17:49:28 hingga matahari tertutup awan pada 17:50:46 di Tarakan, Kalimantan Utara. AGOES SUWONDO/Radar Tarakan;

Indopos.co.id-Fenomena alam matahari kembar atau lebih dikenal dengan Sun Dog, kemarin terlihat jelas di atas langit Tarakan. Dari lantai 6 Gedung Silver Radar Tarakan, fenomena matahari ganda kembar ini jelas terlihat beberapa menit. Antara pukul 17:49 Wita hingga matahari tertutup awan pada pukul 17:50, pada Jumat (4/12).

Fenomena yang sama, juga pernah terjadi di Kanada pada 2 November 2015. Warna yang dihasilkan pun nyaris sama, merah kecoklatan.

Fenomena ini memang luar biasa dan langka. Namun, fenomena ini sebenarnya adalah fenomena atmosferik yang telah dikenal di dunia sains. Nama fenomena itu adalah Sun Dog yang terlihat bersamaan dengan Parhelic Circle.

Kadang sering juga disebut dengan fenomena matahari kembar. Fenomena Sun Dog (Sundog) yang kadang juga disebut dengan Parhelion adalah sebuah fenomena ketika kita bisa melihat adanya kumpulan cahaya tambahan di kedua sisi matahari.

Kadang, kumpulan cahaya ini bisa terlihat seperti bola yang membuat kita berpikir kalau cahaya ini adalah matahari tambahan.

“Fenomena atmosfer disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari melalui kristal es seperti yang diselenggarakan di awan cirrus. Mirip seperti teori cermin,” kata Raden Eko Sarjono, forecaster BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) Bulungan.

Teorinya, Sun Dog terjadi ketika cahaya matahari bersinar menembus kumpulan lempeng es kristal hexagonal yang tersusun secara horizontal di langit yang mengakibatkan cahaya itu dibelokkan dengan sudut minimum 22 derajat. Proses ini bisa disamakan dengan proses terciptanya pelangi yang terbentuk karena cahaya matahari yang menyinari tetesan air di angkasa.

Fenomena ini bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Namun, ia akan lebih mudah terlihat ketika matahari berada pada posisi yang lebih rendah di horizon (saat terbit atau terbenam).

Umumnya Sun Dog berwarna merah ketika ia berada pada jarak terdekat dari matahari. Ketika ia semakin menjauh dari matahari, warnanya akan berubah mengarah ke biru.(*/ddq)




Komentar

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Banner Pariwisata