Nasional

1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II

Editor: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Sejak pelunasan BPIH Khusus Tahap I ditutup pada 27 Maret 2018 lalu, jumlah jemaah haji khusus yang melunasi BPIH tercatat sebanyak 14.281 atau 86,84 persen. Sebagaimana telah sebutkan oleh Iwan Dartiwan sebelumnya bahwa jadwal pelunasan tahap kedua akan berlangsung 4-6 April 2018. 

Hari ini diumumkan data jemaah haji khusus berhak lunas tahap II yang totalnya 1.096 orang. Peruntukkannya pun dirinci sebagaimana surat yang telah dikirimkan kepada pimpinan seluruh PIHK, BPS BPIH, dan asosiasi PIHK.

Pada surat tersebut dijelaskan bahwa pengisian kuota haji khusus tahap kedua diperuntukkan bagi kelompok yang telah ditetapkan sesuai Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 102 Tahun 2018. Jemaah kategori gagal system sebanyak 11 orang, pernah berhaji 40 orang, jemaah haji lanjut usia dan pendamping 362 orang, penggabungan suami/istri 106 orang, penggabungan anak/menantu dengan orang tua 86 orang, dan jemaah haji cadangan yang telah melunasi 491 orang. 

Pelunasan BPIH Khusus dapat dilayani pada BPS BPIH Khusus tempat mendaftar pada pukul 08.00 - 15.00 WIB. sedangkan bagi PIHK yang telah mengajukan permohonan jemaah haji yang dan belum melakukan verifikasi berkas persyaratan asli, pelunasannya diblokir untuk sementara sampai dengan persyaratan asli dilampirkan. 

Sedangkan pelunasan BPIH reguler yang semula dijadwalkan akan mulai hari Selasa, 3 April 2018, terpaksa ditunda. Hal ini disebabkan Keputusan Presiden tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Reguler Tahun 1439H/2018M (biasa disebut Kepres BPIH) belum terbit. Pelunasan BPIH reguler akan dijadwalkan kembali setelah Kepres BPIH ditandatangani oleh Presiden. (*/atr)

Berita Lainnya

Banner

Facebook

Twitter