Selasa, 24 April 2018 09:46 WIB
citraland

Nusantara

Mantap Rinjani Resmi Jadi Geopark Dunia

Redaktur:

EKSOTIK-Seorang wisatawan saat mendaki Gunung Rinjani, beberapa waktu lalu. Foto: Ivan/Lombok Post/jpg

INDOPOS.CO.ID - Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat (NTB) telah diakui menjadi geopark dunia atau UNESCO Global Geopark (UGG) Rinjani. Untuk itu tugas selanjutnya adalah merawat dan menjaga kekayaan hayati dan keragaman budaya yang ada di kawasan Global Geopark Rinjani.

General Manajer Geopark Rinjani Chairul Mahsul mengatakan, informasi diterimanya Rinjani sebagai anggota baru UGG sangat membanggakan. Capaian itu merupakan penantian panjang tim sejak Rinjani ditetapkan sebagai geopark nasional. ”Semua ini adalah buah dari perjuangan panjang,” kata pria yang akrab disapa CM itu.

Dengan menjadi UGG akan mendatangkan banyak insentif sekaligus tantangan baru dalam pengelolaan taman Rinjani. Karena UGG Rinjani akan semakin dikenal banyak orang. Bahkan akan dimuat di dalam website dan semua bahan informasi UNESCO. ”Sehingga ini adalah promosi bagi Rinjani,” kata CM yang juga Asisten II Setda NTB itu.

Tantangan ke depan, semua pihak harus berkomitmen dan sama-sama bertanggung jawab untuk konservasi atau pelestarian. Sekaligus memanfaatkan keragaman geologi, hayati, dan keragaman budaya dalam kawasan Geopark Rinjani. ”Tujuannya untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Rencananya, batas kawasan Geopark Rinjani akan diperluas sampai wilayah selatan Pulau Lombok, sesuai rekomendasi UNESCO. Situs-situs dan jejak geologi gunung api purba di selatan Lombok akan masuk menjadi situs geologi Geopark Rinjani.  Seperti Sementi, Pantai Telawas, sampai ke timur Tanjung Ringgit.

Untuk calon situs geologi jejak gunung api purba di selatan Pulau Lombok sudah disurvei oleh Badan Geologi Bandung dua minggu lalu. Ada yang akan menjadi situs geologi bagian dari UUG Rinjani dan ada juga yang akan ditetapkan sebagai warisan geologi di luar perluasan kawasan Geopark Rinjani.

Budi Karyawan, manager Geowisata dan Trekking Taman Bumi Rinjani mengatakan, Gunung Rinjani ditetapkan menjadi geopark dunia pada sidang UNESCO di Paris, Kamis (12/4) lalu. Kata dia, ada konsekuensinya jika nilai kebumian NTB sudah diakui dunia. Mengingat perjuangan dalam pengajuan Rinjani sebagai geopark dunia membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak main-main.

”Konsekuensinya menjadi terkenal di dunia, apalagi kita juga punya tagline The Tropical bridge between Asia and Australia,” ujarnya.

Setelah ditetapkan, pekerjaan tidak hanya sampai disitu saja. Selain merampungkan pusat informasi geologi (PIG) Rinjani yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan, Budi juga menjelaskan jika pihaknya tengah menyelesaikan logo Gunung Rinjani sebagai geopark dunia. Agar bisa bersanding dengan logo UGG. ”Sedang kami persiapkan dan akan kami diskusikan juga, logo mana yang akan kami pilih,” imbuhnya.

Tidak hanya PIG dan logo saja yang menjadi bahasan utama, menurut penuturan Budi, pemantauan Rinjani sebagai geopark dunia harus tetap dijaga. Karena setiap empat tahun sekali, UNESCO akan merevalidasi. Ada beberapa persyaratan yang menjadi penilaian jika kawasan situs yang ditetapkan oleh UNESCO akan terus diawasi. Oleh karena itu, menjadi pekerjaan bersama hingga saat revalidasi Gunung Rinjani tetap konsisten menjaga status keanggotaan tersebut.

”Jadi kapan pun bisa dicabut ya. Kalau sudah ditetapkan, kita harus jaga itu. Nanti dilihat juga komitmen-komitmen kita yang sudah dinilai. Ada rekomendasi juga dari UNESCO, Rinjani harus melakukan ini, ini dan ini,” papar Budi.

Kepala Dinas Pariwisata NTB H Lalu Muhammad Faozal mengungkapkan, rasa bangga dan bahagianya karena Gunung Rinjani telah menjadi geopark dunia. Kata dia, tugas utama yang harus dilakukan bersama semua pihak adalah menjaga Rinjani. ”Apa yang kita lakukan untuk Rinjani, saya rasa semakin berat. Untuk pariwisata, ini adalah momentum agar Rinjani semakin mendunia,” ujar Faozal.

Untuk bidang pariwisata, tentu Rinjani sudah menjadi destinasi yang secara bersama dipromosikan oleh UNESCO. Itu berarti semua pihak sudah terbuka terhadap Rinjani. Untuk itu, masyarakat NTB maupun pemerintah yang memiliki Rinjani harus siap. (ili/cr-yun/r7/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rinjani-resmi-jadi-geopark-dunia 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi