Kamis, 26 April 2018 08:38 WIB
citraland

Nusantara

Pipa Putus di Balikpapan Segera Diangkat

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Pertamina bakal mengangkat pipa putus di Balikpapan. Pipa tersebut menghubungkan Terminal Lawe lawe dengan Kilang Balikapapan, dalam waktu dekat pipa direncanakan akan diangkat ke permukaan air.

Pengangkatan pipa putus diharapkan dapat memberi titik terang atas siapa yang harus bertanggung jawab atas patahnya pipa Pertamina tersebut. Tidak hanya menanggung rusaknya aset dan minyak mentah hilang, Pertamina harus menanggung biaya pemulihan lingkungan akibat kejadian tersebut.

Hingga saat ini, polisi masih mengivestigasi siapa dan apa yang menjadi penyebab patahnya pipa. "Semua yang berkaitan, kami periksa. Baik dari Pertamina atau dari pemilik dan awak kapal." Kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kaltim Kombes Yustan Alpiani

Salah satu kecurigaan yang berkembang mengarah pada kapal Ever Jeger yang terbakar pada Sabtu (31/3). Karena satu satunya benda yang terpikirkan bisa menggeser pipa adalah jangkar yang dilepaskan oleh kapal yang berlayar di atas lautnya.

Region Manager Communication & CSR Kalimantan Yudy Nugraha menjelaskan,"Kami mendukung sepenuhnya penyidikan ini. Saat ini kami sedang menyiapkan tim penyelam untuk dapat melakukan potongan pipa di bawah pengawasan pihak Kepolisian."

Lebih lanjut Yudy menjelaskan bahwa pipa pengganti berjumlah sekitar 22 joint dengan panjang masing-masing 12 meter sudah disiapkan untuk mengganti pipa tersebut. Pipa minyak berukuran 20 inchi terputus. Dugaan sementara, kekuatan eksternal menjadi pemicu kerusakan pada pipa tersebut.

Kepolisian akan melakukan penyelidikan untuk menemukan penyebab putusnya pipa minyak mentah ini. Pertamina mengklaim, kondisi pipa sebelum putus sangat baik dan diinspeksi secara berkala. Terakhir kali visual inspection tanggal 10 Desember 2017 oleh diver untuk check kondisi external pipa, cathodic protection dan spot thickness.

Inspeksi untuk sertifikasi terakhir 25 Oktober 2016, sertifikat kelayakan penggunaan peralatan oleh Dirjen Migas masih berlaku sampai 26 Oktober 2019. Serifikasi dilakukan 3 tahun sekali sesuai SKPP Migas.

Pipa Pertamina yang putus memiliki ketebalan pipa 12.7 mm terbuat dari bahan pipa Carbon steel pipe API 5L Grade X42. Kekuatan pipa terhadap tekanan diukur dari safe Maximum Allowable Operating Pressure (MAOP),1061.42 Psig, sementara, operating pressure yang terjadi pada pipa hanya mencapai 170.67 Psig. (rej)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pipa-putus-di-balikpapan #pertamina 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi