Selasa, 24 April 2018 07:49 WIB
citraland

Nasional

Segitiga Emas Wisata Bahari Saphula Dieksplor di Sabang Marine Festival 2018

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID – Potensi besar segitiga emas bahari Saphula, alias Sabang-Phuket-Langkawi, akan dieksplor habis dalam Sabang Marine Festival (SMF) 2018. Tema yang diusung adalah ‘Sabang-Golden Marine Tourism Triangle’. Kegiatan ini akan dihelat 26 hingga 30 April 2018. Lokasinya di Pelabuhan CT-1 Teluk Sabang, Kota Sabang.

“Upaya tersebut telah membuahkan hasil yang positif. Terutama untuk mempromosikan Sabang ke dunia internasional. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) melalui jalur laut seperti menggunakan cruise ships dan yacht,” kata Indroyono Soesilo. Hal itu disampaikan saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (16/4).

Peningkatan kunjungan yacht ini, Lanjut Indroyono, merupakan dampak dari SMF. Sebab, SMF adalah ajang promosi wisata bahari. Sekaligus memperkenalkan potensi wisata di Kawasan Sabang. Terlebih, Pelabuhan Sabang telah ditunjuk sebagai salah satu pintu masuk cruise dan yacht di Indonesia. Tentunya berdasarkan Peraturan Presiden No. 105/2015.

“Asal destinasi ditambah, tentu para yachter atau penumpang cruise akan lebih sering ke Sabang. Sebab pariwisata tanpa destinasi adalah nol. Selain itu deregulasi Cruise Ship terkait QICP (Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai, dan Syahbandar) yang sebelumnya satu bulan kini hanya satu jam dan prosesnya dilayani satu pintu,” ujar Indroyono.

Sedangkan Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Sayid Fadhil mengatakan, Sabang Marine Festival 2018 merupakan even keempat yang dilaksanakan pasca event Sail Sabang 2017. Even ini juga dilakukan untuk meningkatkan kerjasama  segitiga emas wisata bahari Saphula (Sabang-Phuket-Langkawi).

Pada tahun 2015, lanjut Sayid Fadhil, jumlah peserta SMF sebanyak 17 yacht. Jumlah ini meningkat menjadi 20 yacht pada 2016, dan 2017 sebanyak 23 yacht dari berbagai belahan dunia. Diantaranya Selandia Baru, Jepang, Belanda, Australia, Filipina, Amerika Serikat, Denmark, Inggris, Kanada, Australia, Thailand, Swiss, dan Spanyol.

“Tahun ini, yang sudah mendaftar berjumlah 22 yacht. Dan masih bisa terus bertambah. Bahkan sebelum acara ini dilaksanakan, sudah terlihat beberapa yacht yang telah singgah,” ujarnya.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang pun mengalami peningkatan. Dan diproyeksikan akan terus bertambah. Sayid Fadhil pun optimis Sabang bisa kembali berjaya seperti Tahun 1883. Saat itu semua kapal besar dari Eropa berhenti di Sabang untuk mengisi air dan batubara. Sekarang mereka berhenti karena panorama di sana bagus.

“Jumlah wisman tahun 2017 mencapai 22.737. Sedangkan untuk proyeksi tahun 2018, jumlah wisman akan meningkat menjadi 29.084. Serta tahun 2019 mencapai 38.681 wisma. Hal itu lantaran Sabang memiliki kedekatan wilayah (jalur yacht) dengan Maldives (2.550 km), Teluk Banggala dan Bangkok (1.100 km). Serta mempromosiakan wisata bahari kawasan Sabang kepada para pelayar (yachties) di Langkawi dan Pangkor Malaysia,” katanya.

Acara SMF yang didukung Kementerian Pariwisata, juga akan dimeriahkan khanduri laut festival yang akan menampilkan adat, budaya, seni dan kuliner Aceh. Indonesia sangat menarik bagi para yachter karena keramahannya.

“Pada saat SMF juga akan dilaunching Sabang Yacht Club dimana itu menjadi pusat informasi bagi para yachter untuk datang ke Sabang. Selain itu juga ada ada art perform untuk penampilan seni-budaya lokal. Nantinya yachter diberi kegiatan menarik, misalnya floating marina, lomba perahu, dan aktivitas lainnya,” ujarnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik Sabang berpotensi menjadikan Aceh hub untuk poros Maritim. "Sabang harus menjadi international hub. Harus memiliki event rutin dari Segitiga Sabang-Phuket Langkawi (Saphula)," ujar Arief

Menurut Arief, saat Sabang menjadi hub internasional, otomatis akan mendorong sektor pariwisata. Hal itu juga akan memberikan keuntungan dari segi perekonomian masyarakat. "Hub internasional ini akan memberi keuntungan kepada banyak pihak," ungkap Arief.

Pria asal Banyuwangi itu juga mengajak pemerintah daerah untuk membangun bersama Sabang. Karena tujuan utamanya untuk mensejahterakan rakyatnya.

"Kita semua pantau sama-sama ya, disini ada Pak Wakil Gubernur Aceh dan stakeholder Sabang, event internasional harus jalan di Sabang, karena akan bermanfaat banyak untuk masyarakat," kata Arief Yahya. (ags/lis)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pariwisata 

Berita Terkait

IKLAN


1. Ditjen PHU akan Kerjasama dengan Ditjen Bimas Islam Adakan Penyuluh Haji    2. Di Anggap Prospektif, Dirjen Nizar Minta Prodi Manajemen Haji dan Umrah Masuk Fakultas Ekonomi Syariah    3. 2019, Di Targetkan Seluruh Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat    4. Hasilkan Pembimbing Haji Profesional, Ditjen PHU MoU dengan IAIN Purwokerto    5. Beri Kuliah Umum, Dirjen Nizar Minta Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    6. 1.096 Jemaah Haji Khusus Masuk Pelunasan Tahap II    7. Layanan Armina Bakal Meningkat    8. Dirjen Nizar: Relokasi Anggaran ke APBN Demi Azaz Keadilan    9. Petugas Haji Bertambah, Pelayanan Optimis Meningkat    10. 2019, Pembimbing Haji Bersertifikasi dan Profesional    11. Temui Direktur Proyek E Hajj Arab Saudi, Tim Pelayanan Haji Bahas Kesiapan Layanan Haji    12. Permudah Pendataan, Ditjen PHU Siapkan Gelang QR untuk Jemaah Haji    13. FK-KBIH Teken Pakta Integritas Manasik Haji    14. Saat Ini di Ditjen PHU Sudah Ada Advokasi Haji    15. Tim harus Jaga Integritas, Komitmen dan Soliditas Tugas    16. Kemenag Merilis Daftar Nama Jemaah Haji Berhak Lunas    17. Seleksi Petugas Haji 1439 H/2018 M Dibuka 20 Maret    18. Biaya Haji 2018 Disepakati    19. Pembinaan Haji Inheren Kesehatan    20. Haji Rescue Team terus Berikan Pelayanan Maksimal    21. Asrama Haji Bermetamorfosis Menjadi Hotel Berbintang    22. Sertifikasi Haji, Kemenag Gandeng UIN Suska Riau    23. Rekrutmen Petugas Haji secara Online    24. Kemenag Targetkan Indeks Kepuasan Haji Naik    25. Cek Perkiraan Berangkat Haji Khusus via Online    26. Pedoman Pembatalan Pendaftaran Haji Reguler 2018 Kembali Dibuka    27. Ini Tata Cara Pembatalan Pendaftaran Ibadah Haji    28. Kuota Haji 2018 Sama dengan 2017    29. Diseminasi Advokasi Haji Dimulai di Bogor, Daerah Lain Menyusul    30. Rangkul Muspida, Advokasi Haji akan Lakukan Diseminasi