Siaran Omni

Disway Selasa

INDOPOS.CO.ID – Saya ingat Johnny Gerard Plate. Hari itu saya ingin nonton Piala Presiden. Siaran langsung TV lokal diacak. Di apartemen saya. “Bisa nonton di kantor?” tanya saya.

“Bisa. Jam 20.30 kan?” jawab teman kantor. Ia tahu: sebenarnya tidak bisa. TV di kantor itu TV lama: masih analog. Sedang siaran TV sekarang digital.

Rupanya ia lari dulu ke toko elektronik. Ia beli STB. Entah mengapa alat itu disebut Set Top Box. Itulah protokol elektronik. Agar TV analog bisa menangkap siaran digital. Harganya Rp 250.000. “Orang-orang kampung harus beli STB. Saya tadi ikut mereka saja,” katanya.

Itu berarti pengeluaran baru bagi rakyat bawah. Itulah salah satu alasan mengapa digitalisasi siaran TV tertunda-tunda. Kasihan mereka. Kini digitalisasi itu dilaksanakan dengan gagah berani. Oleh Menkominfo asli Ruteng itu. “November nanti seluruh Indonesia sudah harus digital,” ujar Johnny. “UU mengamanatkan digitalisasi harus selesai dalam dua tahun,” tambahnya.

Saya duduk di sebelah kanan Johnny Sabtu lalu. Di acara kawinan di Jakarta. Di sebelah kanan saya Budi Karya Sumadi, menteri perhubungan. Lalu menteri kesehatan Budi Sadikin.

Digitalisasi TV adalah prestasi nyata Johnny di kabinet Presiden Jokowi sekarang. Untuk digitalisasi ini Indonesia dibagi dalam 15 wilayah siaran. Perpindahan ke digital itu dilakukan bertahap. Dari satu area ke area berikutnya.

Di setiap wilayah, ”kekuasaan siaran” diberikan kepada lima perusahaan penyiaran. Yang besar-besar itu: RCTI, Indosiar, TV One, Metro TV, dan Trans TV. Istilah resminya, mereka itulah pemegang MUX. Stasiun TV lainnya, termasuk TV-TV lokal, harus sewa channel ke pemegang MUX.

Besarnya sewa masih berdasar B to B. Kelak harus ada aturan resminya. Sementara ini antara Rp 30 juta sampai Rp 50 juta/bulan. Tergantung besar-kecilnya stasiun TV lokal. Ada yang hanya Rp 5 juta.

Radar Lampung TV menyewa Rp 27,5 juta/bulan. Lewat TVRI. Rakyat Bengkulu TV, juga menyewa lewat TVRI. “Digitalisasi ini hanya menambah biaya. Bagi stasiun TV maupun bagi pemilik TV,” ujar Muslimin, bos Rakyat Bengkulu Group. “Soal lebih cling kurang lebih sama saja,” katanya.

Mereka sendiri, yang lima itu, bisa bersiaran lebih seru. Tiap pemegang MUX bisa punya banyak channel. Sistem digital memungkinkan untuk itu.

Maka, sekarang ini, Indosiar punya beberapa channel. Siaran sepak bola Piala Presiden itu, misalnya, bisa saya tonton di Indosiar channel 11. Istri saya tetap bisa nonton acara Indosiar lainnya di channel yang berbeda.

Indonesia sebenarnya sudah punya UU Penyiaran lama sekali. Tahun 2002. Semangatnya masih sangat reformasi. TV itu harus berjaringan. Semua TV harus TV lokal. Tidak boleh lagi ada TV nasional –kecuali TVRI.

TV di Jakarta pun menjadi TV lokal Jakarta. Kalau ingin ditonton di seluruh Indonesia TV Jakarta itu harus berjaringan dengan TV-TV lokal. Agar ada muatan lokalnya. Tidak ”menjakartakan” seluruh Indonesia.

Di zaman Menkominfo Tifatul Sembiring niat untuk digitalisasi itu sudah ada. Tifatul sudah melangkah. Ia menerbitkan Permen untuk mengaturnya.

Ups…tidak bisa jalan. Permen itu digugat. Yang menggugat anak buah saya: Imawan Mashuri. Ia dua kali menggugat pemerintah saat itu. Dua-duanya menang. Menteri Tifatul kalah.

Imawan memang saya beri tugas mendirikan TV lokal: JTV. Izinnya tidak bisa keluar. Aturannya memang masih serba abu-abu. Kami ngotot tetap siaran. Kami merasa, yang di luar Jakarta juga berhak punya TV. Indonesia bukan hanya milik Jakarta.

JTV disegel. Dilarang siaran. Imawan jadi tersangka. Ia hadapi dengan gagah berani. Saya lupa apakah Imawan sampai dibawa ke pengadilan. Yang jelas JTV bisa terus siaran. Kelak di tahun 2015 Imawan lulus S-2 hukum dengan tesis perlawanannya itu.

Digitalisasi siaran juga ditentang oleh pemilik stasiun TV besar –seperti Harry Tanoesoedibjo, pemilik RCTI Group. Lobi mereka kuat sekali. Kalau digitalisasi itu terjadi akan banyak sekali stasiun TV. Bisa lebih dari 100 channel. Pemasang iklan akan terbagi ke begitu banyak TV. Itu bisa mengancam pendapatan mereka dari iklan.

Maka sampai pun lebih 15 tahun digitalisasi penyiaran belum bisa terlaksana.

Digitalisasi TV Terestrial itu, ujar Prof Dr Henri Subiakto sudah direncanakan sejak 2007. Izinnya mulai dilelang tahun 2012. Tapi proses itu mandek sejak 2015. Akibat gugatan tadi. Peraturan menterinya dibatalkan Mahkamah Agung. Dalam putusan MA disebutkan analog swicth-off hanya boleh dilanjutkan apabila normanya diatur dalam UU.

Lalu datanglah Omnibus Law. Yang heboh itu. Yang pengesahannya dilakukan Presiden Jokowi tanggal 2 November 2020. UU Cipta Kerja itu –nama resmi Omnibus Law– mengatur juga siaran televisi. Ada pasal 60. Yakni di bagian yang mengatur Pos dan Telekomunikasi. “Di situ diatur tentang analog switch-off dilakukan paling lambat 2 tahun setelah UU ini berlaku,” ujar Prof Henri Subiakto, staf ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika. Berarti 2 November depan.

Kenapa harus dilakukan digitalisasi? Agar kualitas siaran dan gambarnya bisa lebih cling? Itu jelas. Tapi bukan yang utama. “Siaran TV analog itu boros sekali frekuensi,” ujar Prof Subiakto, guru besar Unair itu. Negara harus melakukan efisiensi frekuensi.

Itulah yang dilakukan Johnny yang sudah pandai berbahasa Inggris sejak di SMP dan SMA di Ruteng, Flores. Ia beruntung guru bahasa Inggrisnya orang bule dari Australia.

Johnny lantas masuk fakultas kehutanan UGM Yogyakarta. Hanya sebentar. “Ternyata lulusan fakultas kehutanan bisa jadi Presiden,” guraunya.

Dengan pindah ke gidital banyak frekuensi yang bisa dihemat. “Frekuensi yang selama ini dipakai siaran TV analog bisa dimanfaatkan untuk telekomunikasi. Negara bisa mendapat penghasilan jauh lebih banyak dari telekomunikasi,” ujar Prof Subiakto.

Ketika dipakai siaran TV, negara hanya mendapat ratusan miliar rupiah. Tapi bila frekuensi yang sama dipakai telekomunikasi negara bisa mendapat puluhan triliun rupiah. Yakni dari perusahaan seluler.

Satu stasiun TV analog, misalnya, butuh bandwith 8 MHz. Setelah menjadi digital 8 MHz tersebut bisa dipakai bareng-bareng. Bisa untuk 9-13 stasiun TV.

Hasil efisiensi frekuensi itu bisa dipakai untuk melayani kebutuhan masyarakat memperkuat broadband internet. Dengan demikian ekonomi digital bisa lebih maju. Kebutuhan bandwidth internet kian besar.

Prof Subiakto mengajak itung-itungan. Besar mana efek ekonomi untuk rakyat: frekuensi dipakai siaran TV atau dipakai internet. Ia memastikan jauh lebih bermanfaat bila dipakai memperkuat jaringan internet.
“Trickle down effect dari layanan internet ke masyarakat memunculkan efek ekonomi sangat besar dibanding saat frekuensinya dipakai untuk penyiaran,” katanya.

Sebagai contoh 10 MHz frekuensi bisa dipakai melayani jutaan pelanggan seluler. Sedang untuk penyiaran analog 8 MHz hanya untuk 1 lembaga penyiaran TV.

Rasanya di bidang frekuensi ini kita bisa tiba-tiba simpati pada Omnibus Law. Menkominfo yang sekarang boleh menepuk dada. Juragan-juragan TV besar bisa ia tundukkan.

Saya sendiri kaget melihat tajamnya gambar siaran TV digital malam itu. Senang sekali. Padahal harusnya saya bersedih: Persebaya kalah. (*)

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway.

Komentar Pilihan Disway*
Edisi 4 Juli 2022: Ritme Putin

Jimmy Marta
Pak biden pernah bilang pesimis ukraina bisa menang lawan rusia. Tapi terus aja disuplay dikompori. Mungkin strategi biden melemahkan musuh tanpa langsung memerangi nya. Jika dua pihak bertikai, yg satu jadi abu yg lain jadi arang.

Teguh Wibowo
Agar bertahan lama saat perang, memang kita harus pintar2 mengatur ritme, mengelola energi, memilih gaya dan posisi. Nafsu perang yg terlalu tinggi hanya akan mempercepat peperangan. Agar dapat memenangkan peperangan, kuncinya adalah jaga kondisi, olah raga teratur, makan makanan bergizi dan istirahat yg cukup.

agus budiyanto
Setelah kedatangan tamu priyayi Solo, pandangan Putin berubah menjadi Alon alon waton kelakon.

Gito Gati
Putin mengatur ritme perang di ukraina. Entah mengapa pernyataan itu sangat saya suka. Mungkin saya merasa barat dan amerika juga harus merasakan bagaimana kalau sekutu kita dipermainkan. Seperti irak, syiria dan afganistan telah mereka hancurkan. Buat pak biden, salam sehat dari saya. Mohon maaf kalau kali ini saya mendukung pak putin. Akibat perang ini warga bumi telah menderita. Tapi kalau tdk ada perang ini saya yakin akan ada negara lain yang akan anda buat menderita. Selamat berjuang tuan-tuan

Eko Darwiyanto
Indonesia perlu gandum Ukraine. Zelenski : Itu tanggung jawab Russia. Jokowi : Mas Putin, tolong buka ekspor gandum. Memang tidak ada pesan tertulis. Tapi orang Jawa tahu apa yang perlu disampaikan, sebagai pesan tidak tertulis. Sumber : CNBC

Alizar Yusza
Seperti pagi sebelumnya buka hp baca Catatan Pak Dahlan di Disway.id . Untuk pagi senin ini yang rasanya aras-arasen mau berangkat kerja saya dapat filosofi hidup baru dari Pak Putin lewat tulisan Pak Dahlan , kaya perangnya Pak Putin dengan ritme alon2 waton kelakon , mungkin hidup ini juga perlu dibawa ala ritmenya Pak Putin biar ga sepaneng. Tapi berhubung perang masih lama dan bensin mungkin bakalan naik lagi saya putuskan untuk mengurangi aras arasen saya supaya dapet duit biar masih mampu beli bensin buat jalan2 bareng keluargaa.. Sekian

bagus aryo sutikno
Anerika yg menginginkan perang. Ukraine yg dijadikan palagan. Zhelensky tidak tahu itu. Rakyat jadi pengungsi. Zhelensky juga tidak tahu. Seperti pejabat yg tidak tahu kalo harga2 pada naik. Kasihan kasihan kasihan.

Arala Ziko
Agak kecewa karena Rusia dan Putin digambarkan seolah olah santai dan banyak sumber daya. Padahal yg namanya perang, tentu bermata tiga, baik pada negara target maupun negara sendiri, bahkan negara negara dalam perdagangan internasional

Muin TV
Belum lagi minyak goreng. Harganya seperti tetangga yang naik haji. Gak mau turun. Padahal harga sawit sudah ambrol. Pecah seribu, kata teman saya petani sawit. Hadeeuuuhhh…..

WYG S2021
Sudah lama pemerintah mencari-cari cara bagaimana mengakhiri subsidi terbuka BBM dan LPG melon, kini berkat suksesnya aplikasi Pedili Lindungi di masa pandemi covid terbukalah cara untuk mengubah jadi subsidi tertutup dengan Transformasi Digital untuk mengendalikan subsidi subsidi, tidak ada pilihan selain ikut bertransformasi susah susah dulu akan biasa kemudian.

Muin TV
Rusia dan Ukraina yang berperang, kita di Indonesia yang ikut susah. Beli bensin aja harus pakai aplikasi. Kalau bensinnya diantar ke rumah sih gak apa-apa. Lah ini, masih harus datang ke pom bensin. Terus apa gunanya aplikasi? Dimana-mana kalau beli lewat aplikasi, ya… Barang itu diantar ke rumah. Akhirnya…. Kalau bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah?

Jimmy Marta
Iseng iseng tak coba hitung. Amerika bantu 54M. Norway 1M. Inggris 1,2M. Tiga itu aja berjumlah 56,2M. Boleh ditambah Australi, Jerman, Swedia dan anggota nato lain digenap 60M. Jika biaya perang 5M/bln, ukrain harusnya siap untuk perang setahun. Mestinya zelensky gk boleh mengeluh bantuan kurang. Ha iya bantuan2 dari us dkk nato itu sebagian besarnya berbentuk senjata dan amunisi. Asumsikan 75% senjata, 25% dana. Brarti hanya 15M freshmoney. Perang dah lebih tiga bulan. Disini baru paham kenapa zelensky ngeluh bantuan kurang. Heran, berani perang tp ngandalkan bantuan…!

Jimmy Marta
Berharap saja agar ukraina tdk dijadikan suriah nya eropa..

Dodik Wiratmojo
Kalau lihat jalannya perang, kelihatan sekali bodohnya zelensky,mau maunya ukraina jadi ajang perang nato vs rusia, negrinya hancur, jd byk hutang, apalagi rakyatnya, kenapa tidak mendahulukan diplomasi, berunding, semakin sering berunding semakin banyak gencatan senjata, lebih byk peluang menyelamatkan negara dan rakyatnya, bisa dicontoh indonesia dl, tokoh seperti bpk hatta dan syahrir dll yang jago berdiplomasi,kl lihat di media byk sekali rakyat mengumpat f**k zelensky dan umpatan lain, rakyat sudah tdk percaya pemimpinnya, dampaknya sudah mulai bs dirasakan, harga pd naik, jika gandum jadi naik tinggi, kasihan buruh cuci/setrika yang ngekost disebelah, mereka terbiasa makan enak, pagi ayam bawang, siang soto, malam rendang, semua praktis dlm bentuk mie instan, masaknya pun pake rice cooker, nanak nasi, masak air, bikin sayur pake rice cooker, betul2 efisien tanpa gas lpg,tagihan listrik naik pun mereka ga peduli,yg penting bayar, biarpun bayar kostnya telat 2bulan

dabaik kuy
mas… jgn ngurusin gandum dulu bukan bahan pokok itu. urusin bahan pokok dulu… contoh sawit harga tbs dr kebun sdh anjlok sampai tdk nutup hpp. tp di hilir harga migor kemasan msh tinggi (2x lipat harga asal)…. pakai migor curah dong… 1. belinya susah… 2. kurang sehat… urus bahan pokok dulu mas. .. ah gak mampu sih… tdk bs berharap kita pada pemimpin yg tdk punya kompetensi… lihat buku yg dibacanya saja sdh cukup kita menilai kapasitasnya…gak akan mampu si mas ini ….

agus to
Perang hanya menyengsarakan banyak pihak, terkadang perlu mengalah untuk menang

mzarifin umarzain
Apa sebaik nya Zelensky MENGALAH saja? Mengalah bukan berarti KALAH? Sing ngalah, luhur wekasane? Atau Ukraina mau: MERDEKA ATAU MATI?

Juve Zhang
Ada penawaran menarik dari Om Putin, Rosatom siap membantu industri nuklir Indonesia, suatu hal yg harus di ambil.netral tapi punya senjata nuklir.

edi hartono
Saya kira semua ini tntng ekonomi. Dari satu sisi, perang adalah alat untuk mendapatkan simpati, pengalih, dan materi retorika. ANDA SUDAH TAHU: ekonomi Amerika dan Eropa baru demam, yg merembet ke negara2 lain. Ini bukan demam biasa. Penyakit yg sebenarnya adalah supply shortage. Penyebabnya adalah kebijakan yg keliru, yg diberi booster dengan perang. Supply energi dunia mengalami masalah, karena covid dan kebijakan penghentian energi fosil yg terburu2. Siapa yg mengalami kekurangan? Yg mendapatkan sorotan utama adalah Eropa. Akibatnya harga batubara dan minyak mencapai level tertinggi. Lalu kenapa tdk dihentikan perang itu? Amerika memiliki kemampuan menghentikannya dgn mendesak ukraina? Karena untuk memperbaiki supply ini perlu waktu 2-3thn. Karena jika perang selesai dan ekonomi masih susah maka yg disorot adalah pemerintahannya. Dengan perang maka yg disorot adalah perangnya. Aktor politik bisa menjadikan perang sbg alat cuci tangan. Lalu kapan perang selesai? Kalau urusan ekonomi selesai. Kapan ekonomi membaik? Kalau urusan supply membaik. 2-3-4-5 thn lagi. Apakah bisa lebih cepat? Bisa saja jika zelenski mandiri ambil keputusan, tanpa disetir pihak barat. Rusia tentu saja tetap pada pendiriannya: jangan ganggu kami dengan memperluas nato ke negara sebelah Rusia. Ini hanya analisa, jangan langsung percaya. Dan jangan main cuci tangan pake perang, pake sabun saja. Namun jangan pula kesering main sabun, nanti lutut anda kopong katanya, wkwk. Gak nyambung, wkwkwk

Fauzan Samsuri
Kalau serangan dalam olah raga misal sepak bola, bolehlah diatur ritmenya, kalau ini perang yang menyangkut nyawa orang, kok tega-teganya ritmenya dipermainkan. Di tangan pemimpin yang senang perang, cinta mungkin sudah dibuang dan kesedihan hanya jadi tontonan (Iwan Fals). Semoga Putin dan Zelenky segera diberi kesadaran untuk segara menyudahi perang. Amin ya Rabbal Alamin

Jimmy Marta
Anda mau jd jagoan perang? Punya banyak prajurit, persenjataan kuat, apakah cukup? Belum. Perlu lebih dari itu. Harus pandai perencanaan, pintar strategi, dan penguasaan medan. Cukup? Belum. Sekarang jagoan perang harus ahli ekonomi. Rusia seakan memperlihatkan memenuhi semua sarat itu. Terkesan seakan mengejek negara barat dan nato. Ritme perang diatur sesukanya. Seperti tdk akan bermasalah didalam negerinya. Biaya perang supermahal no problem. There is a solution. Banyak negara sudah terdampak perang ini. Delapan negara eropa mulai teriak masalah energi. Srilanka kehabisan devisa. Pangan dan bbm langka. Us sendiripun dihantui inflasi. Bbrp negara lg diambang krisis. Putin hanya ‘mengirim’ nangka eh rudal ke zelensky. Tapi yg kena getahnya banyak negara lain. Sehebat apapun, perang tetap menyengsarakan. Damai itu indah..

Harminto Andi
Pak DI yang seorang wartawan pun hanya pembaca judul di Kompas, isinya adalah tidak ada pesan tertulis. Setelah banyak ramai, barulah Kompas mengganti judul beritanya dengan “Pesan Tak Tertulis Zelensky Untuk Putin Melalui Jokowi” Permintaan Jokowi untuk membuka jalur makanan dari Ukraina sudah dipenuhi Putin. Anyway, dituruti atau tidak permintaan Jokowi ke Putin/Zelensky itu bukan persoalan, yang penting pak Jokowi sudah menjalankan amanat UU dalam hal mewujudkan perdamaian dunia. Jangan nyinyiri hasilnya, dengan usaha pak Jokowi untuk bertemu dengan dua negara yang bertikai, itu sudah kita anggap berhasil.

Alon Masz Eh
Wajar, Putin mantan agen KGB. Sudah didoktrin untuk mengatur tempo dan ritme perang. Anggap saja Ukraina tawanan (ponakan) bandel, mau disiksa pelan2,trus didiemin, trus digelikitik sampek nyerah dan ngomong…. “Ampun bah Putin”. Baru dinasehati ” Hayo, terusno dolan sama boris, terusno dolan sama macron, terusno dolan mercon sing dikirim biden, ojok mandeg sampek duite kancamu iku entek” Hehehe. Dan mana, Putin sm biden sm macron sm boris, punya bisnis yang sama. Semua ngerjain Putin, pinjem tangannya zelenskyy. Mek ndak jelas bisnis yang sama itu bisnis minyak atau bisnis rongsokan atau bisnis koran…

Anwarul Fajri
Perang Putin vs USA + NATO lama2 jg sepi dan kurang menarik beritanya walo dampak ekonominya ke seluruh dunia. Lebih rame tuh perang komentator sama perusuh disway. Ayo Mbah Pry gasssspollll di tunggu nih sama Den Bagus Aryooo dkk…… Hahahaha

agus budiyanto
Pesan tak sampai. Gak tau yang salah, kurirnya atau memang tidak ada pesan.

Harun Purnomo
Chicken wings naik 38%.Ini sih bukan naik tapi terbang.Ya ,panteslah namanya juga sayap,ya buat terbang. Dada naik 24%,ini karena penyangga atau karena minyak bulus.Perlu diusut lebih lanjut. Chicken drumstick naik 12%,perlu diselidiki apakah kanan kiri kenaikannya sama atau beda. Hotdog ayam naik 15 %,tidak jelas yang naik ayam atau anjing. Babi hanya naik 5% ,panteslah ,wibg kakinya kan pendek. Apakah IHSG (Indeks Harga Sembelihan Gabungan )ayam dari sayap sampai kaki ditotal jadi naik 74 %. Padahal kenaikan harga kepala dan ceker belum dimasukkan.

oyong mantep
17.25 komentar kurang dari 100 semoga meningkat lagi… Abah Pryadi pun belum menunjukkan jarinya

Juve Zhang
Mao ZD sebelum pergi ke medan perang Korea maupun di Vietnam selalu ” konsultasi ” dengan Rusia ,stalin (Korea) dan Breznev( Vietnam), tradisi ini di pelihara dan dilanjutkan Putin, apalagi kekuatan ekonomi Tiongkok sudah jauh melebihi Rusia, waktu di Korea dan Vietnam Rusia ekonominya lebih kuat dari Tiongkok, Roda Berputar, zaman berubah.aliansi mereka tetap di pelihara .

Johannes Kitono
Kunjungan Presiden Jokowi kemedan perang khususnya waktu ketemu Putin Presiden Rusia, ada yang terlupakan.Kok di rombongan Presiden tidak kelihatan Fadli Zon, alumni FIB- UI jurusan Sastra Rusia. Dan S 3 Fadli Zon di UI juga tentang Sejarah Rusia. Tentu politisi Gerindra yang vokal itu bisa cerita tentang Ritme Putin. Presiden yang selain jago karate juga suka setengah telanjang naik kuda. Seandainya Fadli Zon ikut rombongan dan ditunjuk jadi penerjemah Presiden Jokowi. Kita tidak tahu apakah ritme Putin akan santai atau tambah parah.

Gianto Kwee
Pelajaran berharga dari Vladimir Putin, Tidak Emosi, Santai dan Atur Ritme, sehingga Perangnya bisa lebih lama,

rid kc
Permainan ada di tangan Mr. Putin. Dunia eropa akan menjerit dengan ritme Putin. Srilanka baru akan muncul di Eropa.

daryanto warjono
Dulu waktu AS dan sekutunya menyerang timur tengah yang jadi korban kita, Rusia tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan. Dan ketika sekarang Rusia menyerang Ukrania yang dirugikan juga dunia berkembang, sedikit sekutu dan AS. Jadi siapapun yang memimpin perang posisi Indonesia pada posisi yang sama, dirugikan. Itulah apesnya jadi negara dunia ketiga. Tidak bisa mendikte negara lain. Punya minyak goreng(kelapa sawit) terbesar juga belum bisa “memonopoli” dan seabrek kelebihan lainnya.

sutarno dwijo
Perang santai ala om Putin akan menghukum seluruh negara di dunia. Termasuk Indonesia yg menyetujui resolusi PBB mengutuk serangan Rusia ke Ukraina di awal- awal perang dulu. Sampai- sampai om Putin menyinggung jasa baik uni Soviet kepada RI muda pada masa perang awal kemerdekaan. Alurnya : perang santai – biaya tinggi – inflasi tinggi – negara bangkrut – protes rakyat – ketidakstabilan politik – ganti pemimpin. Salam, Autoganteng9

Agus Suryono
GAYA PERANG MAS PUTIN.. DAN JABATAN PAK DI DI RUSIA.. Perang, umumnya diusahakan selesai sangat cepat. Supaya biaya nya tidak terlalu besar. Dan di sisi inisiator perang, agar yang diserang tidak punya waktu untuk mengkonsolidasikan sumberdaya. Termasuk sumberdaya BANTUAN dari negara lain, maupun aliansinya, atau “calon” aliansinya.. Tapi kalau ada negara yang menyerang negara A. Tetapi melakukannya pelan-pelan. Sambil MEMERAS negara B C D E F G agar membantu A sampai termehek-mehek. Maka itulah negara ADIDAYA yang sesungguhnya.. B sampai F, katakanlah itu adalah negara Eropa. Dan G adalah Amerika Serikat. Maka setelah itu tatanan dunia akan berubah.. Maka kalau itu terjadi, gaya perang seperti itu pastilah akan menjadikan.. 1. Ada pembahasan dari “LEMHANAS” yang ada di seluruh dunia. 2. Jadi inspirasi penulis buku teori perang. 3. Idem teori manajemen, yang menjadikan bisnis seakan sama dengan “perang”. 4. Menjadi inspirasi film-film, minimal di Bolly dan Holly “wood”.. 5. Nama Putin akan “berkibar”.. 6. Pak DI diangkat jadi pejabat tinggi di Rusia. Minimal Komisaris di perusahaan pembuat pesawat seri “SU”..

*) Diambil dari komentar pembaca http://disway.id

Exit mobile version