Ciptakan Pengawasan yang Optimal, Bea Cukai Jalin Sinergi Antar Instansi di Daerah

Bea Cukai

INDOPOSCO.ID – Dalam menjalankan tugas, Bea Cukai tidak bekerja sendiri, perlu kerja sama dengan berbagai pihak agar menciptakan pelayanan dan pengawasan yang optimal. Bea Cukai juga berkomitmen untuk terus menjalin sinergi yang kuat dengan berbagai instansi atau lembaga di daerah dalam menjalankan tugas di lapangan.

Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat dan Penyuluhan, Hatta Wardhana, mengungkapkan bahwa menjalin koordinasi dan kerja sama dengan para pemangku kepentingan adalah upaya Bea Cukai dalam mewujudkan kinerja yang solid antarinstansi. “Kita harus menjaga hubungan baik dengan berbagai pihak agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” imbuhnya.

Bea Cukai Ternate mengawali tahun 2022 dengan turut serta dalam peringatan Hari Dharma Samudera ke-60 yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Ternate pada Sabtu (15/01). Hari Dharma Samudera merupakan media dalam melestarikan nilai-nilai perjuangan pahlawan dan selaras dengan semangat “Jalesveva Jayamahe” yang berarti “Justru di Laut Kita Jaya” sehingga diharapkan dapat membangkitkan kembali identitas kita sebagai bangsa pelaut.

Kehadiran Bea Cukai selain turut memperingati hari Dharma Samudera juga sebagai sarana membangun hubungan harmonis dengan instansi lain yang hadir, antara lain pemerintah kota Ternate dan TNI Angkatan Laut.

Di Sidoarjo, Bea Cukai Juanda kembali melaksanakan sinergi dengan para stakeholder dalam kegiatan Customs Visit Customer (CVC) pada Rabu (02/02).

Bea Cukai Juanda melakukan kunjungan ke PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura Logistik (APL), dan PT Jasa Angkasa Semesta (JAS). Ketiganya merupakan instansi yang memiliki hubungan erat dalam melaksanakan tugas bersama di bandara Juanda. Dalam kunjungan tersebut, Bea Cukai Juanda melakukan koordinasi penanganan kegiatan kepabeanan sehubungan dengan dibukanya terminal internasional untuk program repatriasi/ pemulangan pekerja migran Indonesia.

Sementara itu di Gresik, berturut-turut Bea Cukai Gresik melakukan sinergi dengan para pemangku kepentingan di Kabupaten Gresik. Bea Cukai Gresik melakukan kunjungan kerja ke kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gresik pada Kamis (03/02). Selanjutnya, Bea Cukai Gresik turut serta dalam kegiatan penandatanganan pakta integritas bersama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Gresik pada Jumat (04/02).

“Kehadiran Bea Cukai Gresik dalam dua kegiatan tersebut merupakan wujud kerja sama Bea Cukai dengan para pemangku kepentingan dalam mewujudkan pelayanan operasional pelabuhan di Kabupaten Gresik secara optimal. Selain itu, diharapkan melalui kerja sama dengan para pemangku kepentingan dapat meningkatkan pengawasan di area pelabuhan,” pungkas Hatta.(ipo)

Exit mobile version