Kadin Indonesia: Perbaikan Hulu Hingga Hilir Pertanian Harus Berikan Nilai Tambah Para Petani

Arief Rahmat

Wakil Ketua Umum Bidang Pertanian, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arief Rahmat dalam acara daring. (Nasuha/ INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua Umum Bidang Pertanian, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arief Rahmat mengatakan, dua tahun masa pandemi membuat semua sektor mengalami penurunan, kecuali sektor pertanian. Bahkan sektor pertanian mencatat pertumbuhan positif.

“Sektor pertambangan di pedes memiliki pondasi yang kuat,” kata Arief Rahmat dalam acara daring, Rabu (23/2/2022).

Sektor pertanian di Indonesia, menurut dia, tidak hanya memiliki peran pembangunan nasional tetapi juga pembangunan ekonomi di daerah. Sektor pertanian juga sebagai penyedia kebutuhan pangan masyarakat.

“Sektor pertanian juga sebagai sektor pengentasan kemiskinan, penyedia lapangan kerja dan sumber pendapatan masyarakat,” katanya.

Ia menuturkan, skema closed loop agribisnis hortikultura saat ini tengah dikembangkan pemerintah. Skema tersebut pada awalnya telah diinisiasi oleh Kadin Indonesia.

“Kami senang skema closed loop digunakan untuk skala nasional oleh pemerintah,” ungkapnya.

Ia menyebut, selama ini sektor pertanian mengalami sejumlah kendala, seperti akses pembuat, akses bibit unggul, akses legalitas lahan hingga akses pemasaran.

“Akses itu sangat penting untuk menaikkan kelas para petani kita,” ujarnya.

“Kami berharap pemerintah membuat kebijakan perbaikan di sektor pertanian. Agar dari hulu hingga hilir menambah ekonomi para petani, seperti keinginan Presiden Jokowi,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version