Pameran UMKM di MotoGP Mandalika, Tampilkan 85 Persen Kuliner NTB

Hanung Harimba Rachman

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman memberikan keterangan Catalogue SME’s Product MotoGP Mandalika. (Zoom Kementerian Koperasi dan UKM)

INDOPOS.CO.ID – Ribuan produk usaha mikro kecil (UMKM) bakal memamerkan produknya pada ajang MotoGP Mandalika Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Pameran tersebut merupakan sinergi dari sejumlah instansi, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Bank Indonesia (BI), serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB.

Adapun produk yang akan ditampilkan, yaitu produk kategori otomotif, merchandise, souvenir, produk sehat, serta makanan dan minuman. Produk UMKM akan menarik wisatawan yang menonton MotoGP.

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman mengatakan, produk kuliner lokal bakal mendapat persentase lebih banyak ketimbang daerah lainnya. Hal itu untuk mengenalkan kuliner ciri khas daerah setempat.

“Paling besar dari NTB, mungkin 80-85 persen (kuliner) dari NTB. Hanya 15 persen dari luar NTB. Karena kita ingin mendorong kuliner lokal untuk mendapatkan kesempatan,” kata Hanung saat jumpa pers virtual, Jakarta, Jumat (11/3/2022).

UMKM yang akan tampil, tentu sudah melewati proses kurasi terlebih dahulu. Diharapkan produk UMKM unggulan Indonesia itu bisa digunakan oleh lebih banyak pihak

“Produk UMKM sudah kita kurasi, temanya sudah kita sesuaikan dengan MotoGP,” tutur Hanung.

Berdadar data yang dikantonginya, event balap motor terakbar itu biasanya menghadirkan 80 persen penonton pria, 65 persen usianya di bawah 35 tahun dan 35 persen ingin membeli merchandise.

“Karaketeristik ini lah kita coba merancang mengenai produk apa yang kita dorong di sana. Jadi produk kuliner tentunya akan diperbanyak karena itu kebutuhan yang dipenuhi,” ucap Hanung.

“Kemudian merchandise juga akan diperbabanyak, karena ini yang paling banyak dibeli di tiap event,” tambahnya.

Ada 1.250 UMKM dihadirkan di pameran UMKM di tengah-tengah perhelatan MotoGP Mandalika. Mereka menempati beberapa area di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang dikelola beberapa kementerian dan instansi.(dan)

Exit mobile version