Asah Kreativitas Anak dan Berdayakan Ekonomi Masyarakat Melalui Kerajinan Lokal

ekonomi

Ilustrasi - Para pelaku UMKM perempuan

INDOPOS.CO.ID – Pemberdayaan manusia merupakan sesuatu yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Biasanya kegiatan tersebut memberikan nilai tambah pada individu atau kelompok, termasuk dari sisi ekonomi.

Seperti halnya yang dilakukan Komunitas Jakarta Mengabdi yang menjalankan program pengabdian di kawasan Ancol, Jakarta Utara, tepatnya di Kampung Muka. Dengan membentuk eksperimen dan kerajinan tangan.

“Terdiri dari dua program, yaitu eksperimen hujan dalam toples. Pesertanya anak-anak dan pembuatan piring dari gelas plastik yang pesertanya ibu-ibu,” kata Ketua Komunitas Jakarta Mengabdi, Bagas Purwa di Jakarta, Senin (28/3/2022).

Pengabdian tersebut dilakukan secara berkala dalam setahun, tiap wilayah dapat melaksanakan program pengabdian selama 3 bulan.

Tujuan pemberdayaan itu mengedukasi anak-anak berinovasi melaui proses eksperimen secara fun learning. Sementara itu, aktivitas pembuatan kriya diharapkan memberikan nilai tambah kepada masyarakat setempat.

“Memberikan pelatihan kepada ibu-ibu agar dapat memanfaatkan barang bekas tak terpakai agar memiliki nilai ekonomis,” imbuh Bagas.

Komunitas yang berdiri pada 2020 itu akan menindaklanjuti setiap pengabdian yang dilakukan oleh divisi program taktis. Sehingga setiap kegiatan yang telah diajarkan dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat.

“Indikator keberhasilan pengabdian dari (komunitas) Jakarta Mengabdi adalah, setiap program yang dilaksanakan berjalan dengan baik,” tuturnya. (dan)

Exit mobile version