Geliatkan UMKM, Perempuan Bantu Tingkatkan Ekonomi

Pelaku UMKM

Ilustrasi pelaku UMKM. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Perempuan menjadi kekuatan sentral dari pembangunan, termasuk menggerakkan perekonomian nasional. Serta turut andil meningkatkan kesejahteraan Indonesia.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemenkominfo, Septriana Tangkary menyatakan, jumlah populasi perempuan mengisi hampir setengah dari total penduduk Indonesia (49,5 persen). Bahkan mendominasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM pada tahun 2019 mencapai 65,47 juta unit. Dari jumlah tersebut, sebanyak 64,5 persen dikelola perempuan,” kata Septriana dalam webinar Creativetalks Pojok Literasi dari Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Ketua Perempuan Indonesia Maju (PIM), Lana T. Koentjoro mengatakan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong para perempuan untuk meningkatkan life skill dengan mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Sudah banyak dikembangkan, sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan berinovasi dalam pengembangan pertanian atau UMKM masing-masing,” ujar Lana.

Rangkaian kegiatan itu menghadirkan pasar murah di Area Green Market Jababeka, Cikarang selama 4 hari dari tanggal 30 Maret hingga 2 April 2022.

Deputi II Pangan dan Agribisnis, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud mengemukakan, pasar murah tersebut diharapkan membantu masyarakat menyediakan barang kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau dan barang berkualitas.

“Dapat pula membantu mempromosikan produk-produk unggulan dari UMKM,” tutur Musdhalifah.(dan)

Exit mobile version