Jelang Lebaran, Ini Hasil Monitoring Stok Pangan di Pasar Tos 3000 Batam

pasar

Aktivitas jual beli di pasar Tos 3000 Sei Jodoh di Kecamatan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri)

INDOPOS.CO.ID – Pemerintah terus berupaya memastikan agar kebutuhan pangan di Indonesia terus terpenuhi.

Apalagi jelang Idul Fitri 2022, kebutuhan pangan dasar tak boleh mengalami kekurangan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menyatakan, jaminan ketersediaan pangan merupakan salah satu pilar yang harus menjadi fokus perhatian pemerintah.

“Hal ini sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan untuk seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor,” kata Dedi dalam keterangannya, Jumat, (15/4/2022).

Maka setiap stakeholder harus bahu membahu menjamin ketersediaan pangan agar kebutuhan masyarakat tak terganggu. Apalagi menjelang Idul Fitri, kebutuhan pangan akan semakin tinggi.

“Penting untuk harus terus menjamin kebutuhan pangan agar tak ada satu orang pun yang luput pemenuhan kebutuhan pangannya. Mari kita bahu membahu dalam hal swasembada pangan agar ketahanan pangan kita terjamin,” ujar Dedi.

Dari hasil monitoring pihaknya di pasar Tos 3000 Sei Jodoh di Kecamatan Batuampar, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menunjukan, bahwa minyak goreng curah dalam posisi aman. Stok masih ada dengan harga Rp 15.500/kilogram, naik namun masih stabil.

Sedangkan beras aman hingga Lebaran. Pun halnya dengan telur. Sedangkan dari hasil di toko sayuran, ada penurunan pada cabai. Sedangkan untuk bawang putih dan merah dalam posisi aman. (dan)

Exit mobile version