Ada 12 Daerah Rawan, KAI Siagakan AMUS di 29 Lokasi Daop 1 Jakarta

amus

AMUS siaga mengatasi hambatan perjalanan KA (dok KAI). Foto: Ist

INDOPOS.CO.ID – Untuk menjamin keselamatan dan kelancaran operasional kereta api (KA) selama masa angkutan lebaran, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daerah Operasional (Daop) 1 telah mempersiapkan berbagai aspek dari sarana prasarana hingga sumber daya manusia (SDM). Dari kesiapan prasarana, PT KAI Daop 1 Jakarta telah melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin.

Peningkatan keandalan prasarana dilakukan dengan bertambahnya perjalanan KA di masa angkutan lebaran 2022 hingga 58 KA per hari.

“Daop 1 Jakarta pastikan kondisi track atau jalur benar-benar dalam kondisi baik, seperti lebar jalur, kondisi bantalan, penambat rel, jembatan, wesel, batu balast, normalisasi saluran air, dan perlintasan sebidang,” ujar Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa melalui gawai, Sabtu (23/4/2022).

Untuk mengantisipasi cuaca ekstrim dan daerah rawan, lanjut dia, Daop 1 Jakarta menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) di lokasi rawan. Ini untuk mengatasi terjadinya hambatan akibat cuaca ekstrim seperti banjir, amblesan dan tanah longsor. AMUS berupa batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi (untuk jembatan), alat penambat rel, dan alat siaga lainnya.

“Terdapat 29 lokasi Unit Pelaksana Teknis Jalan Rel dan Jembatan yang telah tersedia AMUS di wilayah Daop 1 diantaranya di Rangkasbitung, Tanahabang, Tanjung Priok, Pasarsenen, Manggarai, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek,” bebernya.

Ia menyebut, beberapa material yang disiapkan antara lain batu balast 600 m3, kawat bronjong, bantalan kayu, peralatan kerja serta material lainnya. Material tersebut telah disiapkan di atas gerbong datar untuk penanganan darurat sewaktu-waktu.

“Di Daop 1 Jakarta terdapat 12 lokasi daerah rawan diantaranya rawan banjir dan longsor, amblesan namun untuk jalur lintas KA Jarak Jauh hanya terdapat 1 daerah rawan banjir yakni di sekitar wilayah Lemahabang,” ungkapnya. (nas)

Exit mobile version