Hidupkan UMKM dan Manfaatkan Aset untuk Kesejahteraan Jemaat

Kunker ke Taput

Kemen BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengenakan ulos saat kunjungi pusat HKBP di Tapanuli Utara. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan, bersama Ompui Ephorus HKBP Pdt Robinson Butarbutar menyambut kunjungan kerja (kunker) Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN)Erick Thohir. Kunjungan tersebut dalam rangka penandatangan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) HKBP dan BUMN, di Pearaja Tarutung, Kamis (19/05/2022). Kerjasama yang terjalin melingkupi pemberdayaan jemaat dan pengoptimalan aset HKBP di seluruh Indonesia. Sekaligus juga menghidupkan UMKM jemaat HKBP, untuk meningkatkan kesejahtraan jemaatnya.

“Terima  kasih atas kesediaan Bapak untuk mengunjungi daerah Bona Pasogit kami ini. Kiranya kedatangan Bapak menjadi berkah bagi Kabupaten kami yang tercinta ini. Terima kasih juga atas Bazar UMKM di Tarutung yang diselenggarakan atas dukungan Kementrian BUMN, inilah yang harus kita kerjakan Bersama-sama agar Produk dalam negeri yaitu UMKM kita, Home Industry bisa menjadi tuan di negeri sendiri,” kata Nikson.

Bupati juga menyatakan, sudah membina ribuan UMKM di Tapanuli Utara ini, awalnya pengurusan izin sangat sulit sekali, melalui notaris mengajukan izin usaha, kemudian meningkat lagi mengurus izin BPPOM, lalu izin halal dan sebagainya. Hal tersebutlah yang menjadi tantangan saat ini. Selanjutnya Bupati menyampaikan pendapat bagaimana bila dilakukan disentralisasi atas izin tersebut.

“Karena keterbatasan anggaran kami, saya pun sedang fokus berjuang bagaimana memerdekakan semua desa yang ada di Tapanuli Utara karena Desa Kuat, Kota Kuat maka Negara Indonesia pun mandiri dan berdikari. Pendapatan asli daerah yang begitu rendah, interkoneksi antar dusun dan desa, desa dengan kecamatan belum  optimal, daya saing produk umkm yang masih rendah, hal ini disebabkan kurangnya modal dan pengetahuan pelaku usaha dan rendahnya pendapatan petani,” beber Nikson.

Dia menyampaikan, pihaknya sudah mengusulkan kepada Bapak Presiden Joko Widodo agar ada Universitas Negeri Umum di Tapanuli Utara. Tujuannya, agar sumber daya manusia Taput bisa mengejar ketertinggalan dari daerah lain sekaligus juga mendukung perkembangan Pariwisata di Tapanuli Utara dan sekitarnya.

“Kami juga mohon dukungan pak Menteri agar bisa menyampaikan permohonan kami ini kepada Bapak Presiden. Sepulangnya  Bapak dari Tapanuli Utara kiranya Tuhan tetap menyertai dan melindungi Bapak dan rombongan sampai ke tempat tujuan dengan selamat,” tuturnya.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, UMKM adalah salah satu pondasi utama kekuatan ekonomi sebuah negara. Maka perhatian dan kepedulian terhadap UMKM harus terus digalakkan. Menurut Erick sudah selayaknya seluruh stakeholder menaruh perhatian lebih kepada UMKM. Erick Thohir berharap bantuan dan program yang sudah didistribusikan oleh pemerintah bisa digunakan dengan baik.

“Tiada yang lebih membahagiakan selain melihat orang sekeliling kita tumbuh dan berkembang. Semoga amanah ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” pinta dia.

Menurut Erick Thohir program yang diusung untuk menghubungkan petani dengan pihak project leader, asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, pemerintah daerah, agroinput, dan jaminan ketersediaan pupuk nonsubsidi.

“Saya melihat bagaimana kekuatan kita menjadi sebuah bangsa adalah karena perbedaan kita. Kita dapat bersolidaritas dalam membangun tanah air tercinta dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, baik secara sosial maupun ekonomi. Terutama, dalam menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2045,” ujarnya.

Sementara itu, Ompui Ephorus yang merupakan pejabat tertinggi di HKBP mengucapkan Terima Kasih kepada Bapak Menteri BUMN Erick Thohir dan jajarannya. Ompui Ephorus HKBP sangat bangga dan terhormat atas kedatangan Menteri BUMN.

“Oleh karena itu, penandatangan MoU HKBP dan BUMN merupaman langkah strategis awal kerjasama. Saya yakin, bahwa pak Menteri tidak mau MoU ini hanya sebatas kertas saja, tapi harus terimplementasi dengan secara baik dan rapi,” harap Ompui Ephorus.(ney)

Exit mobile version