Dekatkan Akses Perbankan dengan Pendidikan dan Penerima KJMU di Jakarta

nota kesepahaman

INDOPOS.CO.ID – Bank DKI menandatangain nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Jumat (27/5). MoU ini mencakup pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan.

Direktur Ritel dan Syariah Bank DKI, Babay Parid Wazdi mengatakan, sejumlah produk dan layanan, serta unit usaha syariah Bank DKI siap mendukung transaksi pembayaran yang berlangsung di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kerja sama ini meliputi layanan cash management system, pembukaan rekening giro dan payroll, serta pembukaan rekening mahasiswa reguler untuk kebutuhan tagihan uang kuliah rutin dan lainnya.

“MoU ini menjadi bentuk dukungan Bank DKI dalam mendekatkan akses perbankan kepada dunia pendidikan, termasuk kepada para penerima KJMU di Jakarta sebanyak 14.194 mahasiswa, yang mana 1.498 di antaranya berkuliah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” ujarnya, seperti dikutip, Minggu (29/5/2022).

Babay menyebutkan, MoU ini mendukung memudahkan mahasiswa, dosen, maupun staff UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam mengakses berbagai transaksi perbankan melalui aplikasi JakOne Mobile, mulai dari transfer antar rekening, cek saldo, pembayaran menggunakan metode scan QRIS, di berbagai merchant, hingga zakat dan donasi melalui berbagai lembaga maupun yayasan.

Ke depan, Bank DKI juga terus melakukan pengembangan terhadap produk dan layanan perbankan digital yang dimiliki Bank DKI melalui JakOne Community Apps untuk mengakomodasi perubahan perilaku nasabah dan masyarakat yang semakin bergerak ke arah layanan digital.

Dalam kerja sama ini, disepakati juga bagi para mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah untuk melakukan riset maupun program magang di unit kerja Bank DKI. Hal ini menjadi bentuk dukungan dan kepedulian Bank DKI dalam pengembangan wawasan perbankan bagi mahasiswa yang nantinya akan berkarir di bidang perbankan.

Sementara itu, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc., M.A menyampaikan, pihaknya menyambut baik kerja sama yang terjalin dengan Bank DKI dalam rangka pemanfaatan produk dan layanan perbankan yang manfaatnya dapat meningkatkan kualitas layanan transaksi perbankan kepada mahasiswa dan staff UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selain dengan unsur pendidikan, Bank DKI juga menjalin sinergi antar BPD seluruh Indonesia. Terbaru, Bank DKI dan Bank NTT menandatangani MoU pembayaran digital melalui co-branding uang elektronik dan aplikasi digital. Dalam Kerja sama ini, Bank DKI akan mendukung Bank NTT dalam implementasi transaksi non-tunai dengan menggunakan ekosistem digital yang dimiliki Bank DKI serta branding yang dipilih oleh Bank NTT.

Tak hanya itu, Bank NTT juga dapat menggunakan platform digital ataupun produk E-channel milik Bank DKI yang akan terintegrasi dengan JakCard sebagai kartu prepaid milik Bank DKI.(ibs)

Exit mobile version