Komitmen Pegadaian Bantu UMKM Naik Kelas

pegadaian

Pemimpin Wilayah Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Edwin Inkiriwang memberikan keterangan soal penyaluran bantuan KUR dalam webinar Indopos.co.id dan Indoposco.id bertajuk "Jakarta Punya Hajat Ekonomi Melesat" di The Kuningan Suites, Jakarta. Foto: Dok. indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – PT Pegadaian dipercaya mempercepat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). Dengan plafon KUR sebesar Rp5,9 triliun. Bantuan tersebut dapat membantu sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang terdampak pada masa pandemi Covid-19.

Program KUR yang selama ini digulirkan pemerintah merupakan bentuk hadirnya negara dalam mendukung pelaku UMKM naik kelas. Sehingga harapannya pemulihan ekonomi bisa lebih terakselerasi.

Menurut Pemimpin Wilayah Pegadaian Kanwil IX Jakarta 2 Edwin Inkiriwang, jika pelaku usaha yang baru mulai sampai dengan enam bulan, pihaknya bamal melakukan pandampingan. Dari konsultasi bisnis, promosikan produk unggulan hingga membantu mengakses pembiayaan.

“Mendampingi terhadap wirausahanya, perkembangan usahanya, metode usahanya seperti apa. Kemudian bagaimana pencatatannya. Kami akan memberikan pendampingan kepada debitur kami. Nantinya bisa naik kelas, secara perlahan terus naik kelas,” kata Edwin dalam webinar Indopos.co.id dan Indoposco.id bertajuk “Jakarta Punya Hajat Ekonomi Melesat” di The Kuningan Suites, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Ia menyadari, laju pertumbuhan ekonomi sudah mulai naik. Namun saat dua tahun pandemi Covid-19 perekonomian Indonesia pernah turun 0,27 persen. Kini di Jakarta pada tahun 2022 triwulan pertama tumbuh 3,56 persen.

“Memang kenaikan pertumbuhan ekonomi tinggi, tapi tingginya dari minus. Jadi tidak begitu terasakan 3,56 persen. Kita pernah tumbuh sekitar 7,3 persen karena dari nol. Tapi, kalau ini dari minus terasanya cuma 3,56 persen,” ujar Edwin.

Maka itu, pihaknya berkomitmen memulihkan perekonomian nasional lewat bantuan tersebut. Program KUR Syariah Pegadaian siap memfasilitasi para debitor yang memiliki usaha produktif.

“Dari sisi situ kami akan masuk, tentu saja nanti akan terbuka lapangan baru bagi masyarakat. dengan adanya kredit bisa membuka usaha baru,” tutur Edwin.

Pengajuan KUR Syariah Pegadaian dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang dan Unit Pelayanan Cabang Pegadaian di seluruh Indonesia. Adapun tenor pembiayaan KUR Super Mikro adalah 12, 18, 24 dan 36 bulan dengan minimal usaha yang telah berjalan selama 6 bulan. (dan)

Exit mobile version