Sumsel Segera Bentuk KDEKS

Sumsel Maju

Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Sutan Emir Hidayat (keempat dari kanan) menyerahkan plakat kenang-kenangan kepada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru, dalam rangka Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Rabu (6/7/2022). Foto: Pemprov Sumsel

INDOPOS.CO.ID – Gubernur Herman Deru menerima Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Sutan Emir Hidayat dalam rangka Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Rabu (6/7/2022).

Melalui kesempatan tersebut, Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada Sutan Emir Hidayat yang telah hadir beraudeinsi serta mengingatkan akan pentingnya ekonomi syariah.

“Syar’i itu jadi sebuah pilihan berekonomi bagi masyarakat bukan untuk menggantikan sistem ekonomi yang sudah ada. Akan tetapi kita ini sering sekali hanya menonjolkan labelnya saja, padahal yang terpenting itu adalah perliakunya dalam berekonomi sesuai dengan syariat Islam,” ungkapnya.

Terkait dengan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di Sumsel, Herman Deru menyampaikan, dirinya akan sesegera mungkin untuk membentuknya setelah mendapatkan komposisi yang diperlukan yang sesuai dengan karakter berekonominya masyarakat Sumsel.

Selain itu Herman Deru berharap agar nantinya KNEKS ataupun KDEKS Sumsel yang nantinya dibentuk dapat menjadi organisasi yang kerja keras di lapangan dalam mempromosikan ekonomi syar’i dan tidak hanya sekedar menjadi organisasi ceremonial saja.

Sementara itu, Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS, Sutan Emir Hidayat menjelaskan, KNEKS adalah sebuah lembaga non struktural yang berfokus pada pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

“Kami juga bertugas untuk mempercepat, mengenalkan dan menyebarkan sistem ekonomi syariah kepada masyarakat. Selain itu, Kami sebagai manajemen eksekutif memiliki fungsi memberikan masukan kepada pemerintah dalam mengambil kebijakan tentang ekonomi syariah,” tuturnya.(rmn)

Exit mobile version