Dukung Gerakan Rajin Minum Susu, Diamondfair Gelar Bazaar

diamond

Konsumsi susu oleh masyarakat harus ditingkatkan untuk kesehatan. Foto: diamond for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang mewabah pada hewan ternak, khususnya sapi, membuat produksi susu turun. Efek selanjutnya, tingkat konsumsi susu masyarakat ikut turun. Ini tentu fenomena yang kurang bagus mengingat pentingnya susu bagi kesehatan masyarakat.

Data Kementerian Pertanian per 10 Juli 2022, menyatakan dari 329.829 hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), mayoritas 97% adalah sapi sebesar 320.196 ekor. Hal ini berpengaruh pada industri pengolahan susu, seperti yang dirasakan Diamond Group salah satu produsen susu sapi terbesar di Indonesia.

Melissa Huang, Direktur PT Diamondfair Ritel Indonesia, anak usaha Diamond yang berfokus pada ritel online – offline menjelaskan, kondisi ini memaksa mereka berinovasi menciptakan berbagai cara agar masyarakat tidak takut mengonsumsi susu.

“Kami terus mendukung gerakan minum susu, jangan sampai budaya ini berkurang. Salah satunya membuat bazaar dengan harga murah, agar masyarakat bisa memperoleh susu dengan harga terjangkau,” ujar Melissa.

Dampak PMK kepada Diamond Group, membuat volume pembuatan susu mereka berkurang 30-40 persen dari produksi normal. Terlebih suplai susu datang dari Jawa Timur dan Jawa Barat.
Awalnya di bulan Maret – April 2022, yang lebih dulu terhantam wabah PMK Jawa Timur, sementara pasokan dari Jawa Barat relatif aman. Namun di bulan Mei – Juni 2022, saat pasokan Jawa Timur belum pulih suplai Jawa Barat pun terganggu.

Tidak hanya kekurangan pasokan akibat banyak sapi tidak bisa bertahan, peternak yang khawatir melihat sapi mereka bergejala mulai memberikan antibiotik. Padahal secara aturan, antibiotik dilarang terkandung dalam bahan makanan.

Oleh karena itu, Diamond terus menjaga kualitas susu mereka, dengan cara mensortir ketat pasokan susu yang masuk agar sesuai persyaratan mutu yang ditetapkan. Meski dari sisi bisnis, Diamond membutuhkan pasokan susu agar produksi stabil, namun pihak manajemen berprinsip segala sesuatu yang berdampak negatif bagi konsumen harus ditolak.

Aman Dikonsumsi

Melissa menjelaskan, konsumen tidak perlu takut mengonsumsi produk susu Diamond, karena aman sebab melewati uji kelayakan ketat. “Produk kami telah melewati proses sterilisasi dengan menggunakan metode UHT (Ultra High Temperature) dengan suhu minimal 137 C, sementara untuk fresh milk minimal 110 C, sehingga aman dikonsumsi masyarakat,” ujar Melissa detail.

Menurutnya, gerakan rajin minum susu harus terus dihidupkan karena membawa nilai gizi tinggi. Susu baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, mempertahankan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan memelihara fungsi otak agar terus optimal.

Dalam ajang pasar murah yang digelar sebulan sekali dan hanya satu hari ini, Diamondfair mengarahkan konsumen datang berbondong-bondong di hari yang ditentukan. Yang terdekat Diamondfair akan mengadakan Super Bazaar pada 29 Juli 2022 di toko mereka yang berada di MM2100, Cibitung, Bekasi. Sementara untuk warga Jakarta dan sekitarnya, Diamondfair Ancol mengadakan bazaar pada 2 Agustus 2022.

“Dalam bazaar ini, kami memberi potongan harga untuk susu UHT dan fresh milk serta produk olahan susu lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, konsumen bisa mengikuti Instagram kami di @diamondfair.indonesia,” tutup Melissa. (bro)

Exit mobile version