Imran Nating Terpilih Jadi Ketua Umum AKPI

akpi

Pengurus baru AKPI. Foto: AKPI for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Kandidat nomor urut 2 yakni Imran Nating memenangkan kontestasi Pemilihan Ketua Umum AKPI (2022-2025) dengan memperoleh 347 suara. Untuk Dewan Kehormatan Profesi juga telah terpilih 9 orang yang diketuai Tonggo Parulian Silalahi, Dedy Kurniadi sebagai Sekretaris, dan Yulianto sebagai Bendahara.

Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) telah menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT AKPI) 2022 di The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta Selatan, Senin (22/8/2022) kemarin. Ajang tahunan ini mengusung tema “Soliditas dan Profesionalisme Kurator dan Pengurus AKPI dalam Mempercepat Pemulihan Perekonomian Indonesia”. Salah satu agenda pentingnya yakni Pemilihan Ketua Umum AKPI dan Pemilihan Dewan Kehormatan Profesi untuk Periode 2022-2025.

“Iya, yang menang (dalam perolehan suara di Pemilihan Ketua Umum) pak Imran Nating. Nomor duanya Pak Jimmy Simanjuntak, nomor tiga pak Yudhi Wibhisana. (Pemilihan dan seluruh rangkaian RAT) selesai sekitar pukul setengah 12 malam,” ujar Ketua Organizing Committee (OC) RAT AKPI 2022 Anwarsyah Tarigan, Selasa (23/8/2022).

Dari pemilihan tersebut, Anwar menjelaskan kandidat nomor urut 2 yakni Imran Nating memenangkan kontestasi Pemilihan Ketua Umum AKPI (2022-2025) dengan memperoleh total sebanyak 347 suara. Adapun kandidat nomor urut tiga Jimmy Simanjuntak mendapatkan 268 suara. Sedangkan kandidat nomor urut satu Yudhi Wibhisana mendulang 218 suara.

Pelaksanaan dari pemilihan disebut berjalan lancar dan meriah. Di luar ekspektasi panitia, keinginan tinggi dari anggota AKPI dalam memeriahkan pesta demokrasi terlihat sangat antusias. Pasalnya, dari yang sebelumnya ditargetkan partisipan RAT berkisar maksimal 700-an ternyata yang datang justru lebih dari itu dan membludak hingga sekitar 847 lebih yang menghadiri venue. Ditambah dengan pihak yang pasif sebanyak 5 orang, sehingga totalnya terdapat 852 orang hadir.

“Dari yang aktif 847, tidak menggunakan hak pilihnya ada 15. Jadi hampir semua menggunakan hak pilihnya. Ada 1 surat suara yang tidak sah, karena dia memilih ketiga nomor. Kalau dilihat dari gambaran umum, sangat meriah ya. Benar-benar para anggota memanfaatkan pesta demokrasi ini dengan semarak, namun semua berjalan dengan tertib,” jelasnya.

Untuk Dewan Kehormatan Profesi telah terpilih 9 orang dengan 3 penerima suara terbanyak menduduki secara berurutan posisi Ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Dari hasil pemilihan, Tonggo Parulian Silalahi dengan suara tertinggi diamanahkan sebagai Ketua Dewan Kehormatan Profesi AKPI (2022-2025).

Selanjutnya, Dedy Kurniadi sebagai Sekretaris dan Yulianto sebagai Bendahara. Sedangkan 6 anggota Dewan Kehormatan Profesi terdiri atas Astro Girsang, Andri Krisna, Mappajanji Ridwan Saleh, Suhendra Asido Hutabarat, Daniel Alfredo, dan R. Boby Wijanarko.

Anwarsyah menuturkan pelaksanaan agenda lainnya, seperti laporan pertanggungjawaban Pengurus AKPI Tahun Buku 2021-2022, laporan keuangan Asosiasi Tahun Buku 2021-2022, dan laporan pertanggungjawaban Dewan Kehormatan Profesi AKPI pun berlangsung kondusif.

“Memang ada pertanyaan-pertanyaan yang agak detail, tapi saya lihat Ketua dapat menjelaskan dengan baik semuanya. Para peserta juga secara umum menerima apa yang menjadi laporan baik dari Ketua Umum maupun dari Dewan Kehormatan,” kata dia.

“Kita sebagai panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masing-masing calon baik timses maupun pendukung calon. Karena dalam tahapan-tahapan pelaksanaan RAT mulai sejak pendaftaran kemudian pengambilan nomor diakhiri dengan kemarin puncak RAT, semua bekerja sama dengan erat. Kepada para anggota AKPI yang hadir, kami dari panitia mengucapkan terima kasih karena semua rekan-rekan dengan semangat dan antusias, saling menghormati, sehingga pelaksanaan RAT berjalan dengan tertib,” tutupnya. (ibs)

Exit mobile version