Program Sejuta Rumah Tembus 544.845 Unit

Program Sejuta Rumah Tembus 544.845 Unit - Program Sejuta Rumah - www.indopos.co.id

Program Sejuta Rumah di Indonesia telah mencapai angka 544.845 unit.. Foto: Kementerian PUPR untuk indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Pada Peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2022 ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat pembangunan infrastruktur dan perumahan dalam Program Sejuta Rumah di Indonesia telah mencapai angka 544.845 unit.

Capaian Program Sejuta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo tersebut terdiri dari 447.994 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 96.851 unit rumah non MBR yang tersebar di berbagai daerah wilayah Indonesia.

“Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR mencatat laporan capaian Program Sejuta Rumah per tanggal 31 Juli 2022 sebanyak 544.845 unit yang terdiri dari 447.994 unit rumah MBR dan 96.851 unit untuk non MBR,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Senin (29/8/2022).

Iwan menerangkan, capaian Program Sejuta Rumah pada bulan Juli meningkat sebanyak 78.834 unit dari bulan Juni lalu. Berbagai program dan kebijakan di sektor perumahan juga dilaksanakan oleh Kementerian PUPR guna meningkatkan pembangunan rumah untuk masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Pada Peringatan Hari Perumahan Nasional ini, imbuh Iwan, Kementerian PUPR menginginkan kerjasama dan kolaborasi yang terjalin dengan baik antara Kementerian PUPR dan para pemangku kepentingan bidang perumahan diharapkan Program Sejuta Rumah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hari Perumahan Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus diharapkan juga dapat menjadi momentum untuk mendorong peran aktif dari seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan tentang pentingnya pemenuhan hunian yang layak untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk memperoleh informasi mengenai berbagai program perumahan yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR, masyarakat juga bisa mengakses website www.perumahan .pu.go.id serta berbagi media sosial misalnya instagram @pupr_perumahan dan youtube @PUPR_Perumahan. Selain itu, masyarakat juga bisa mendatangi Kantor Direktorat Jenderal Perumahan di Gedung G Kampus Kementerian PUPR yang berada di Jalan Pattimura No. 20 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan, capaian Program Sejuta Rumah untuk MBR sebanyak 447.994 unit yang berasal dari pembangunan rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR sebanyak 180.924 unit, Kementerian lain 78 unit, pemerintah daerah 16.122 unit. Selain itu, pengembang perumahan juga memberikan kontribusi pembangunan rumah yang cukup besar yakni 197.196 unit, CSR perumahan 179 unit dan masyarakat 53.495 unit.

Sedangkan pembangunan rumah untuk non MBR tercatat sebanyak 96.851 unit yang berasal dari pembangunan rumah dari pengembang sebanyak 70.060 unit dan masyarakat sebanyak 26.791 unit.

“Kami tetap optimis capaian Program Sejuta Rumah bisa melewati angka satu juta unit. Kami tetap bekerja keras dan siap berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan bidang perumahan untuk menyediakan hunian layak bagi masyarakat Indonesia,” harapnya. (srv)

Exit mobile version