Mau Beli Apartemen atau Rumah, Kenali Plus Minusnya

Apartemen-SQ

Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID – Tempat tinggal selalu menjadi kebutuhan utama masyarakat, terlebih bagi Anda yang berencana membeli hunian pertama. Anda mungkin pernah menghadapi pilihan sulit antara membeli apartemen atau rumah untuk tempat tinggal. Kedua jenis hunian ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi wajarlah apabila banyak orang mengalami kebimbangan takkala harus menentukan pilihan.

Nah, kalau saat ini Anda masih bingung menentukan pilihan, berikut beberapa tips ringkas yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membuat keputusan.

Lokasi
Apabila lokasi dan kemudahan aksesibilitas menjadi faktor terpenting bagi Anda, maka apartemen bisa menjadi pilihan terbaik. Kebanyakan apartemen berada di lokasi sangat strategis yang dekat dengan area perkantoran, pusat hiburan, ataupun pusat pendidikan. Jadi wajar apabila apartemen kerap menjadi pilihan favorit para profesional dan eksekutif muda karena dapat memudahkan aktivitas mereka.

Harga
Di kawasan tengah kota, harga unit apartemen secara rata-rata lebih murah dibandingkan rumah tapak. Contohnya harga rumah di kawasan Jakarta Selatan rata-rata sudah mencapai Rp29 juta per meter persegi. Sementara harga apartemen di lokasi yang sama relatif lebih terjangkau dengan rata-rata berkisar Rp26 juta per meter persegi.

Investasi
Jika alasan Anda membeli properti untuk investasi, maka apartemen maupun rumah sama-sama menjanjikan potensi keuntungan. Pasalnya, seiring berjalannya waktu harga jual kedua jenis properti tersebut cenderung naik. Pertanyaannya adalah mana yang lebih menguntungkan dari keduanya? Ternyata banyak faktor yang menentukan. Selain seberapa strategis lokasi properti yang Anda miliki, potensi keuntungan dipengaruhi pula oleh faktor lain, seperti kelengkapan fasilitas yang tersedia, kemudahan aksesibilitas, kenaikan harga properti kawasan, maupun dari potensi pendapatan sewanya.

Fasilitas
Apartemen umumnya memiliki fasilitas lebih lengkap dibandingkan rumah. Kebanyakan apartemen dilengkapi fasilitas fitness center, kolam renang, taman bermain anak, lapangan tenis, jogging track, ATM, ruko dan lain sebagainya. Beberapa apartemen bahkan dilengkapi dengan fasilitas premium seperti mini cinema, billiar center, hingga business center, dan ruang serba guna. Sejumlah kawasan perumahan premium kerap kali juga menyediakan fasilitas sejenis, namun biasanya harga jual per unitnya sudah sangat mahal.

Nah, bagi Anda yang saat ini berniat membeli apartemen, SQ Rés bisa menjadi pilihan utama. Hunian vertikal yang lokasinya di koridor utama TB Simatupang ini dikembangkan oleh pengembang properti terkemuka PT Intiland Development Tbk.

Direktur Proyek South Quarter, Chandra M. Makmoen menjelaskan apartemen SQ Rés dikembangkan di atas lahan seluas 1,3 hektar dan menjadi bagian dari pengembangan kawasan mixed-use terpadu South Quarter seluas 7,1 hektare. Selain apartemen, pengembangan kawasan South Quarter meliputi gedung perkantoran yang dilengkapi dengan fasilitas ritel pendukung SQ Dome. SQ Rés dikembangkan menjadi bagian dari konsep Transit Oriented Development (TOD) Lebak Bulus yang mempunyai nilai tinggi karena mengedepankan aspek connectivity, accesibility dan walkability yang menjawab kebutuhan masyarakat urban.

“SQ Rés memiliki banyak nilai tambah sebagai sebuah hunian, baik dari kualitas, kenyamanan tinggal, hingga potensi kenaikan harga yang menguntungkan,” ujarnya lebih lanjut.

Apartemen ini menyediakan beragam tipe unit pilihan, mulai dari unit apartemen studio (30 m2), tipe 1 bedroom (45 m2), lalu tipe 1 bedroom + study room (60 m2), kemudian tipe 2 bedroom (93 m2). Untuk kebutuhan hunian yang lebih luas, tesedia tipe 2 bedroom + corner (86 m2) hingga tipe dual key (117 m2) yang merupakan tipe dengan ukuran paling luas.

Setiap unit apartemen SQ Rés dirancang secara mewah dan nyaman. Kualitas material yang digunakan merupakan salah satu yang terbaik, seperti penggunaan marmer khas Italia pada bagian ruang utama. Untuk area dapur, pengembang menyematkan berbagai peralatan memasak berkualitas premium seperti untuk induction stove, cooking hood dan kitchen sink. Menariknya lagi, apartemen ini dilengkapi pula fitur smart home system yang memungkinkan Anda sebagai penghuni mengontrol penggunaan AC dan lampu lewat smartphone.

Menurut Chandra M. Makmoen lokasi apartemen SQ Rés terbilang sangat strategis. Mobilitas dan aksesibilitas para penghuni menjadi lebih mudah berkat tersedianya berbagai layanan transportasi publik. Selain dekat dengan Stasiun MRT Fatmawati dan Stasiun MRT Lebak Bulus yang masing-masing berjarak sekitar 500 meter dan 600 meter, lokasi apartemen SQ Rés juga berdekatan dengan Tol JORR 2 yang memudahkan akses menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Apartemen SQ Rés juga dilengkapi beragam fasilitas yang meningkatkan faktor kenyamanan. Fasilitas-fasilitas yang tersedia seperti kolam renang, jogging track, fitness center, restoran, kafe, elevated walkway, ruang pertemuan, area bermain anak-anak, sauna, ATM Center, parkir mobil dan sepeda, studio yoga, ruang kesehatan, hingga area park & ride. SQ Res juga menawarkan area-area bersama yang cukup banyak, seperti perpustakaan, co-working space, hingga cinema.(srv)

Exit mobile version