Rayakan Hari Jadi, Sharp Indonesia Tanam 11.000 Bibit Pohon di Sepanjang Aliran Sungai Citarum

sharp

Sharp Corporation Peringati Hari Jadinya yang Ke- 110 dengan penanaman 11.000 pohon. Foto: Sharp for INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Sharp merupakan produsen elektronik kelas dunia yang melahirkan produk inovatif dengan teknologi terkini dan memiliki peran penting pada industri elektronik masa depan.

Sharp menetapkan visi bisnis-nya ‘Mengubah dunia dengan teknologi 8K+5G dan AIOT’. Teknologi 8K adalah ultra high definition generasi lanjutan dengan resolusi empat kali lipat (7,680 x 4,320 piksel: 33.18 resolusi dengan jutaan piksel) dari 4K (3.840 x 2.160 piksel: resolusi sekitar 8,29 juta piksel), dan 16 kali lipat dari resolusi saat ini, siaran dengan hasil 2K vision (1.920 x 1080 piksel: sekitar 2,07 juta piksel).

Teknologi 8K menghasilkan gambar yang sangat tajam seperti aslinya dan menghasilkan penemuan baru yang mengagumkan. Sedangkan teknologi 5G adalah generasi lanjutan dari transmisi data selular, dengan kemajuan signifikan pada kecepatan dan kapasitas transmisi data ini menghasilkan latensi sangat rendah dan konektivitas multi-terminal. Teknologi 5G memperluas komunikasi untuk memfasilitasi konektivitas menyeluruh antara pengguna dan semua jenis perangkat.

AIoT adalah kombinasi unik dari teknologi AI (Artificial Intellegence) dan IoT (Internet of Things), teknologi berbasis indra peraba (taktil) dan intuitif yang diciptakan melalui aplikasi dengan konektivitas cloud dan AI ke dalam rangkaian peralatan elektronik sehari-hari yang kita gunakan, menyempurnakan perangkat elektronik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Sharp mengutamakan 3 prinsip dalam bisnis-nya yaitu Smart Life, 8K Ecosystem dan ICT, secara bersamaan dengan dua bisnis perangkat, yaitu perangkat display dan perangkat elektronik yang mendukung-nya terintegrasi dalam meraih bisnis ‘One Sharp’. Sharp menghadirkan produk – produk unggulan untuk keperluan rumah tangga seperti AQUOS untuk merek TV dan smartphone, lalu teknologi plasmacluster yang dibenamkan pada produk pembersih udara, AC, lemari es, mesin cuci dan penyedot debu, kemudian merek Healshio untuk produk oven dan panci masak anhydrous untuk penggunaan dapur.

Produk – produk Sharp juga banyak digunakan di perkantoran seperti printer multi-fungsi, monitor, sistem tampilan interaktif, PC, notebook dan lain lain. Sistem yang mengintegrasikan layanan dengan perangkat keras dan lunak juga diperkenalkan oleh perusahaan, yang dikenal sebagai layanan COCORO+, bersama dengan sistem 8K+5G lainnya digunakan untuk sistem perkantoran, dll.

Berdasarkan kredo bisnis nya ‘Kejujuran dan Daya Cipta’, pendiri Sharp, Tokuji Hayakawa bercita – cita untuk ‘menciptakan produk yang ingin di tiru oleh perusahaan lain’. Sharp terus memperkenalkan inovasi produk dan solusi unik menjadi yang pertama di dunia dan yang pertama di Jepang untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat. Hasilnya, Sharp telah mencapai banyak tonggak sejarah selama 110 tahun dengan produk dan solusinya.

Beberapa contohnya adalah: Memperkenalkan TV LCD merek AQUOS dari tahun 2001 dan mendistribusikan hingga 500 juta unit pada akhir September 2020, mengembangkan pembangkit listrik fotovoltaik sejak 1959 hingga kini selama lebih dari 60 tahun, memperkenalkan teknologi unggulan pemurnian udara Plasmacluster pada Oktober 2000 dan mencapai 100 juta unit dikirim ke seluruh dunia pada Oktober 2021, mengembangkan kalkulator all-transistor pertama di dunia pada tahun 1964 dan merayakan 50 tahun dalam bisnis kalkulator pada tahun 2014, mengembangkan ponsel sejak 1994 dan menghadirkan banyak produk unggulan di industry telepon genggam seperti ponsel pertama yang dilengkapi kamera pada tahun 2000, mengembangkan oven microwave konveksi sejak tahun 1961 dan memperkenalkan model produksi massal pertama Jepang pada tahun 1962, merayakan ulang tahun ke-60 pada tahun 2022, memperkenalkan multi-copier pertama pada tahun 1972 dan merayakan ulang tahun ke-50 pada tahun 2022, dan yang terbaru, memulai produksi masker wajah mulai Februari 2020 dan mencapai total 300 juta pengiriman pada November 2021.

Kegiatan tersebut selama bertahun tahun telah dikenal oleh berbagai lembaga di seluruh dunia termasuk IEEE, merupakan lembaga akademis terbesar di dunia untuk teknik listrik, elektronik, informasi dan telekomunikasi mengakui inovasi yang dilakukan oleh Sharp sebagai sebuah milestone, yaitu pelopor produsen kalkulator elektronik, komersialisasi dan industriaisasi sel surya dan layar film transistor tertipis dengan ukuran 14 inch (TFT LCD) untuk TV.

Pioneering Work on Electronic Calculator

Commercialization and Industrialization of Solar Cells (2010)

Sharp 14-inch Thin-Film-Transistor Liquid-Crystal Display (TFT-LCD) for TV (2014)
*1 IEEE adalah organisasi nirlaba terbesar di dunia yang beranggotakan insinyur listrik dan elektronik yang berkantor pusat di AS. Dengan jumlah lebih dari 409,000 anggota yang tersebar di seluruh dunia, IEEE memiliki peran penting di bidang teknik komputer, elektronik, dan telekomunikasi hinga tenaga listrik, teknik kedirgantaraan dan teknologi biomedis
*2 IEEE mendirikan program IEEE milestone pada tahun 1983, untuk mengapresisasi pencapain bersejarah dianatara inovasi signifikan yang dibuat di bidang kelistrikan, elektronik, informasi dan teknik telekomunikasi yang dikenal telah berkontribusi pada perbaikan masyarakat dan kemajuan industri

• Langkah Menjadi Produsen Elektronik: Pengembangan Radio dan TV

Founder Tokuji Hayakawa (right) testing a radio sample

Pada tahun 1923, sang pendiri mengalami Gempa Besar Kanto dan dipindahkan ke Osaka. Tokuji Hayakawa mencari peluang baru, ia melirik tren dimulainya siaran radio di Jepang, dan berhasil merakit set radio kristal pertama di Jepang pada April 1925. Kemudian, pada tahun 1953, setelah dimulainya siaran TV, Sharp memulai produksi massal perangkat TV pertama di Jepang, menjadikannya pemimpin berkembang menjadi perusahaan elektronik yang komprehensif.

• Landasan Pilar Bisnis Baru: Kalkulator dan LCD
Mencari pilar baru bisnis nya, Sharp mulai memperkenalkan pengembangkan kalkulator yang menerapkan teknologi komputer, Kalkulator terus berkembang mengikuti jaman seperti ukuran yang lebih kompak dan ringan dengan inovasi teknologi transistor dan adopsi layar LCD. Saat itulah Sharp mulai menetapkan strategi perusahaan mengembangkan perangkat utama untuk produk unggulan di dalam perusahaan. Terutama perkembangan LCD yang terus berkembang menjadi perangkat utama dalam berbagai aplikasi dibidang tampilan teknologi dan bidang lainnya, menjadi pilar bisnis utama hingga saat ini.

• Dasar Pengembangan Peduli Lingkungan: Pembangkit listrik fotovoltaik
Berdasarkan gagasan pendirinya, ‘Jika kita dapat menemukan cara untuk menghasilkan listrik dari panas dan cahaya matahari yang tak terbatas, ini akan bermanfaat bagi umat manusia hingga tingkat yang hampir tidak dapat kita bayangkan’, Sharp mulai melakukan penelitian sel surya. Setelah berhasil memproduksi prototipe pada tahun 1959, produksi massal dimulai pada tahun 1963. Sejak itu, selama 60 tahun Sharp telah memimpin pasar pembangkit listrik fotovoltaik dengan pengembangan dan penjualan sistem PV untuk rumah, fasilitas, EPC*3, dan berkontribusi pada perluasan energi terbarukan.

*3 Teknik, pengadaan dan konstruksi. Layanan keseluruhan mulai dari pemasangan sistem solar hingga pemeliharaan.

• Mengembangkan Teknologi Unggulan untuk Berkontribusi pada Kesehatan: Plasmacluster
Ketika Sharp mulai fokus mengembangkan teknologi penjernih udara, para penelitinya menemukan ide unik yang kemudian diberi nama ‘Plasmacluster’ untuk menjernihkan udara. Ion plasmacluster adalah ion positif dan negatif yang sama dengan yang terjadi di alam. Teknologi Sharp yang dipatenkan ini mampu menjernihkan udara, dan telah terbukti aman bagi manusia berapa pun konsentrasi ionnya. Konsentrasi ion Plasmacluster yang sangat tinggi telah terbukti dapat membersihkan udara, menghilangkan bau tak sedap, melembabkan kulit wajah dan mengurangi listrik statis .

Teknologi plasmacluster disematkan ke dalam produk untuk fasilitas bisnis dan konsumen di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Kemampuan ion plasmacluster telah diakui oleh berbagai lembaga di seluruh dunia termasuk Jepang, Jerman, Inggris dan Cina dan lain lain.

• Logo Peringatan 110 tahun

Sharp telah membuat logo peringatan 110 tahun untuk memperingati dan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dari semua pihak selama 110 tahun, perubahan warna yang lembut mengekspresikan transformasi dari warna hijau dan biru mewakili dimana mewakili citra bisnis Sharp yang peduli pada bidang Lingkungan, Social dan Tata kelola [Environment, Social & Government (ESG) ].

• Transformasi Bisnis Untuk Lebih Peduli Pada Environment, Social & Government (ESG)
Pada peringatan hari jadinya 110 tahun ini, Sharp memperkenalkan sistem manajemen baru untuk mewujudkan transformasi guna menekankan kembali pada ESG dan meningkatkan nilai sosialnya serta merevitalisasi mereknya untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Management menekankan pada ESG yang akan dilakukan di bawah empat kebijakan Utama, yaoitu : 1) Lebih memperkuat bisnis yang terkait kesehatan, 2) berkontribusi pada netral karbon, 3) Manajemen berdasarkan HITO (masyarakat) dan 4) Perusahaan Global.

(1) Memperkuat Bisnis Yang Berhubungan Dengan Kesehatan
Dengan meningkatnya keresahan masyarakat yang berkembang saat ini seperti dampak penyebaran Covid 19 dan masyarakat lanjut usia, kesadaran akan kesehatan dan kebersihan semakin meningkat. Terkait hal ini, Sharp akan memperkenalkan produk, layanan dan solusi yang berpusat pada perawatan, pencegahan seperti memperkuat fungsi penginderaan yang terpasang pada produk peralatan rumah tangga, TV dan

perangkat selular lainnya dengan mengembangkan sensor yang terkait perawatan kesehatan yang unik dan menciptakan perangkat terkait kesehatan, bersama dengan bermitra dan M&A secara agresif.

Dengan cara ini, akan terbentuk sistem yang dapat mengukur data terkait kesehatan masyarakat secara alami di berbagai kondisi dan memberikan solusi yang optimal untuk setiap individu. Pada akhirnya, Sharp bertujuan untuk menyadarkan orang-orang untuk menjalani hidup sehat yang mandiri.

(2) Berkontribusi kepada karbon netral
Sharp akan berkontribusi pada netral karbon dengan mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan memperluas energi terbarukan di masyarakat.

Melalui visi lingkungan jangka panjang “Sharp Eco Vision 2050” Sharp mendeklarasikan untuk mewujudkan emisi nol bersih emisi Gas Rumah Kaca melalui kegiatannya. Sebagai target jangka menengah, Untuk mewujudkan target-nya, Sharp akan terus memperluas bisnis solusi energinya dengan mengembangkan bisnis di bidang peralatan dirgantara dan peralatan otomotif, memperluas bisnis PPA*4 dan mempercepat penelitian sel surya dengan teknologi terbaru seperti perovskite untuk penggunaan praktis, dengan cara ini di tahun 2030, Sharp menargetkan dapat berkontribusi dalam pengurangan emisi Gas Rumah Kaca yang setara dengan sekitar 12 kali emisi dari aktivitas internalnya dan berkontribusi pada netralitas karbon di masyarakat.

*4 Perjanjian pembelian tenaga listrik, model bisnis yang merancang, memasang, mengoperasikan dan memelihara sistem fotovoltaik pada barang milik pelanggan dan membeli system electric output

(3) Manajemen Berdasarkan HITO (Masyarakat)
Sistem kepegawaian akan terus diinovasi berdasarkan empat perspektif: Hybrid Personnel dengan berbagai profesi lingkungan untuk pengembangan inovasi, penempatan personel optimal berbasis bakat, dan kesempatan untuk berkembang yang diberikan kepada anggota yang bertalenta, kata HITO artinya masyarakat dalam bahasa Jepang.

(4) Perusahaan Global
Sharp bertujuan untuk memperluas bisnis global dengan memperkuat strategi penjualan di setiap wilayah dan mempromosikan inovasi manajemen, Meskipun telah diakui sebagai merek elektronik yang kuat di Jepang, Sharp terus berupaya untuk lebih mengembangkan mereknya di seluruh dunia untuk berkontribusi kepada masyarakat dengan produk, solusi, layanan dan teknologi unggulannya.

Secara khusus, pengembangan personel global, percepatan kemitraan dan M&A dengan perusahaan global akan dipromosikan, sambil memperkenalkan produk baru dengan

teknologi terbaru secara bersamaan di seluruh dunia dan memperkuat produk, layanan adaptasi lokal untuk meningkatkan merek di skala global

• Kegiatan Hari Jadi Ke – 110 Tahun
Memperingati perayaan hari jadinya ke 110 tahun, Sharp melakukan sebuah kampanye sebagai ungkapan rasa terima kasihnya kepada seluruh pemangku kepentingan atas dukungan mereka terhadap perusahaan selama ini.

Sebagai bentuk simbolis akan kontribusi Sharp untuk masa depan. Tepat di hari jadinya ke 110 tahun PT Sharp Electronics Indonesia melakukan program penanaman 11.000 pohon di lahan seluas 30 KM sepanjang aliran sungai Citarum desa Wadas, Sungai Cibeet desa Parungsari, Sungai Citarum Desa Adiarsa dan lokasi pegungan Loji kecamatan Tegal Waru. Penanaman 11.000 pohon terdiri dari 3 jenis pohon, yaitu Mahoni sebanyak 4.000 pohon, Sengon sebanyak 3.000 pohon dan Akasia sebanyak 4.000 pohon.

Secara simbolik penanaman pohon ini di lakukan di daerah aliran sungai Citarum Karaba, Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Karawang. Dihadiri langsung oleh presiden direktur Sharp Indonensia, Shinji Teraoka, Presiden Human Initiative, Tomy Hendrajati, Kepala Dinas Sosial Kabupaten karawang, Drs. Ridwan Salam, Sekertaris Dinas BPBD, H. Dadang Taufiq dan KASDIM Komando Distrik Militer 0604 Karawang Mayor Infanteri Jaja Jamaludin sukses menanam 11o pohon sebagai aksi nyata dalam melindungi wilayah aliran sungai dari bahaya longsor dan banjir.

Menjadi bagian dari kampanye #baktiuntuknegeri, pada program ini Sharp Indonesia menggandeng Human Initiative dan berkolaborasi bersama komunitas dan masyarakat karawang. Setiap 1 pohon yang tumbuh besar nantinya akan mampu memproduksi oksigen sekitar 130 kg pertahun jika di konversikan secara total maka pohon-pohon ini akan menghasilkan oksigen sebanyak 1.430.000 kg atau setara 1.430 ton.

Sejalan dengan isu yang diangkat dalam agenda presidensi G20 yaitu merealisasikan aksi nyata pengendalian perubahan iklim. Program penanaman ini pun menjadi kontribusi Sharp dalam mensukseskan program pemerintah Indonesia yang menargetkan penurunan emisi karbon sebesar 29% di tahun 2030 dan visi Sharp sendiri yang menargetkan penurunan emisi Gas Rumah Kaca sebesar 60% di tahun 2035. Selain mengontrol keluaran emisi dari produkfitas bisnisnya Sharp pun secara aktif melakukan kegiatan lingkungan guna mendukung target penurunan karbonnya.

Tidak terhenti pada kegiatan penanaman, Sharp bersama Human Initiative melibatkan beberapa komunitas lingkungan dan masyarakat Karawang memantau perkembangan pohon – pohon tersebut yang diperkirakan jika pohon ini berusia dewasa akan mampu menyerap karbon sebanyak 264.338 Ton. Selain berfungsi menyerap karbondioksida dan mensuplai oksigen, pohon –pohon ini akan berfungsi sebagai pengikat tanah guna menghindari bencana banjir dan longsor. “Dimana penanaman di daerah aliran sungai merupakan program pemerintah daerah untuk menghindari dampak buruk aliran sungai pada musim penghujan yang dapat merugikan masyarakat sekitar,” jelas Ridwan Salam.

Sharp secara aktif telah melakukan penanaman pohon di seluruh Indonesia sejak tahun 2010 silam melibatkan yayasan nirlaba, karyawan, pelajar dan masyarakat setempat. Sharp telah menanam lebih dari ratusan ribu pohon guna membantu penyerapan air ke dalam tanah dan mengurangi laju perubahan iklim.
Selain program tersebut dalam rangka perayaan hari jadinya yang ke-110, Sharp pun menggelar beragam promo penjualan seperti Sharp Aquos Game Competition, Sharp Lovers Day – Super Untung, program vaksinasi Sharp Ada Untukmu dan masih banyak lagi. “kami Berharap melalui program-program ini, Sharp di Indonesia dapat memberikan dampak positif terhadap pelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat khususnya Karawang sebagai lokasi operasional Sharp”, ungkap Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia di sela – sela acara penanaman pohon di desa Wadas, Karawang. (srv)

Exit mobile version