Rumah Tangga, Kesehatan dan Makmin Jadi Tren Belanja Sepanjang Kuartal III 2022

makmin

Ilustrasi belanja online. (dok INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Rumah tangga, makanan dan minuman (Makmin), serta kesehatan menjadi beberapa kategori paling dicari masyarakat Indonesia selama kuartal III 2022.

Pernyataan tersebut diungkapkan External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam keterangan, Sabtu (1/10/2022). Ia menyebut, pada kategori rumah tangga, benih/bibit tanaman, keran air dan pupuk menjadi sejumlah produk yang paling banyak diburu.

“Untuk kategori Makmin, mie instan, susu bubuk serta biskuit dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli. Dan kategori Kesehatan, masker, obat herbal dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris,” bebernya.

Saat ini, menurut dia, pihaknya masih menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.

Melalui inisiatif Hyperlocal, lanjut dia, mencatat beberapa tren pada kuartal III 2022 dibanding periode yang sama di 2021. Seperti wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi: Banyuasin (Sumatra Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat) dan Balikpapan (Kalimantan Timur).

Lalu, wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi: Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan). “Kami memenuhi kebutuhan market syariah melalui Tokopedia Salam terus berupaya menghadirkan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan market syariah dengan menghadirkan produk, fitur dan layanan yang baik dan amanah,” katanya.

“Purworejo (Jawa Tengah), Tulungagung (Jawa Tengah), dan Kotawaringin Barat (Kalimantan Barat) merupakan beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi,” ungkapnya.

Pada subkategori Fesyen Muslim, masih ujar dia, beberapa produk yang paling diburu masyarakat mencakup hijab segi empat, baju koko pria, gamis wanita, manset dan hijab instan. Sedangkan di subkategori perlengkapan ibadah, mukena, tasbih, sajadah, baju ihram dan sarung menjadi sejumlah produk yang paling laku.

“Fitur pembayaran zakat, wakaf dan donasi menjadi beberapa fitur yang paling banyak digunakan masyarakat,” ujarnya. (nas)

Exit mobile version