Pentingnya Peran Petani Milenial Dalam Pembangunan Sektor Pertanian

PEMURI

Pendopo Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Petani Muda Riau (PEMURI). Foto: Dokumen Kementan

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) telah menetapkan arah dan kebijakannya untuk fokus pada regenerasi petani muda, dengan gencar mempromosikan program utama penumbuhan 2,5 juta petani milenial.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan regenerasi petani mutlak harus dilakukan.

“Petani milenial mempunyai peran yang sangat penting di dalam pembangunan pertanian. Mereka sebagai pelopor, teladan dan sebagai contoh kepada generasi muda yang lain terjun di dunia pertanian,” kata Dedi dalam keterangannya, Selasa (4/10/2022).

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti mengajak kaum petani muda terjun di bidang bisnis pertanian, salah satunya melalui resonansi yang dilakukan di Provinsi Riau.

Idha telah mengikuti rangkaian kegiatan car free day (CFD) yang biasa digelar pada hari Minggu pagi di jalan Cut Nyakdin, Pekanbaru pada, Minggu (2/10/2022) kemarin.

Kegiatan itu diiringi talkshow yang turut dihadiri Kepala Bidang Pangan Dinas Tanaman Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Young Ambassador Program YESS, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Pekanbaru bekerja sama dengan Pijar Bertuah.

Idha pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk terus gencar mempromosikan kepada masyarakat untuk mengenal, dan mencintai dunia pertanian.

Sekaligus mendorong para generasi muda menjadi pelaku usaha di sektor pertanian, saat itu turut juga hadir beberapa siswa dan siswi dari salah satu sekolah dasar yang ada di pekanbaru bekerjasama dengan Pijar Bertuah.

Kunjungan dilakukan di P4S Petani Muda Riau (PEMURI). Pada momen itu sekaligus dilakukan panen perdana jagung manis di dampingi Petani Muda Riau, Young Ambassador Yess Program, Babinsa Kelurahan Agrowisata.

Kunjungan itu disambut baik oleh Ketua P4S Petani Muda Riau (PEMURI) sekaligus sebagai Ketua Young Ambassador Program YESS. P4S PEMURI memiliki lahan seluas 5 hektar dengan melakukan budidaya cabe, jagung manis, kacang panjang, semangka, peternakan kambing dan peternakan ayam kampung. (dan)

Exit mobile version