Kebersihan Jadi Prioritas, Industri Klining dan Laundry Perlu Ini

Kebersihan Jadi Prioritas, Industri Klining dan Laundry Perlu Ini - laundry - www.indopos.co.id

PT Media Artha Sentosa menggelar Expo Laundry. Pada momentum ini, pelaku usaha berkesempatan mendapat update serta informasi mengenai produk dan teknologi. Foto: Dokumen Expo Laundry

INDOPOS.CO.ID –  Selama pandemi Covid-19, kebersihan menjadi prioritas utama bagi masyarakat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Bahkan, ini berlanjut menjadi norma standar di masa sekarang.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (Apklindo), H.M Shiddiq mengatakan, dalam upaya meningkatkan kualitas, tidak hanya dengan dukungan produk atau teknologi yang membantu proses kerja klining di berbagai sektor.

“Namun, kompetensi dari tenaga kerja yang melaksanakan juga perlu ditingkatkan, terutama dengan pelatihan dan sertifikasi sehingga dipastikan penggunaan teknologi dan pengetahuan mengenai kebersihan dapat optimal,” ujarnya, Kamis (6/10/2022).

Hal senada juga dikatakan Ketua Umum Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), Wasono Rahardjo. Tuntutan pasar akan jasa laundry yang bermutu dan memenuhi standar kesehatan turut mengubah peta dan pola kerja industri laundry nasional.

“Terutama pada usaha laundry yang melayani sektor pariwisata dan fasilitas kesehatan. Pelaku usaha harus terus meningkatkan mutu kalau tidak mau ketinggalan,” ujar dia.

Melihat hal itu, PT Media Artha Sentosa menggelar Expo Laundry. Pada momentum ini, pelaku usaha berkesempatan mendapat update serta informasi mengenai produk dan teknologi.

“Kami berharap Expo Clean & Expo Laundry dapat menjadi sinergi antara principal, importir, distributor dan pengguna barang dan jasa,” kata Direktur PT Media Artha Sentosa, Teddy Halim

Selain itu, PT Kawan Lama Sejahtera juga meluncurkan Nilfisk Liberty SC50 sebagai autonomous scrubber yang merupakan bukti inovasi teknologi.

“Mesin ini dapat dikendalikan secara otomatis tanpa awak, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembersihan, serta meningkatkan kualitas kebersihan,” jelas Head of Cleaning Division PT Kawan Lama Sejahtera, Denny Muliawardhana.

Sedangkan Ketua Umum Asosiasi Laundry Indonesia (ASLI), Apik Primadya menilai, Expo Laundry tahun ini sangat spesial setelah 2 tahun vakum karena ujian pandemi. Tahun ini, digelar seminar dengan tema ‘Bangkit dan Tumbuh Bersama Laundrypreneur Indonesia’.

“Tema ini didasari keyakinan ASLI bahwa laundry sebagai usaha yang membuka banyak lapangan kerja dan berperan menumbuhkan ekonomi bangsa, harus terus berinovasi, kreatif dan kompetitif,” ucapnya. (rmn)

Exit mobile version