1.000 Naker Lokal Halmahera Selatan Terserap di 2023

halmahera

Ratusan peserta mengikuti kegiatan roadshow calon karyawan PT Halmahera Jaya Feronickel di Laiwui, Pulau Obi, Halmahera Selatan. Foto: Harita Nickel untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Harita Nickel melalui unit bisnisnya PT Halmahera Jaya Feronikel (PT HJF) melakukan roadshow ke desa-desa di Kota Labuha, ibu kota Kabupaten Halmahera Selatan untuk merekrut tenaga kerja (naker).

Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas mengatakan, hingga September 2022 pihaknya telah merekrut 1.200 naker dan kembali menargetkan untuk merekrut tambahan 600 naker hingga akhir tahun. Ke depan, roadshow rekrutmen akan terus dilakukan dengan mengutamakan penyerapan naker lokal.

“Untuk tahun depan, diproyeksikan akan dilakukan rekrutmen sedikitnya 700-1.000 tenaga kerja dan kita utamakan tenaga kerja lokal,” ujar Stevi dalam keterangannya, Jumat (14/10/2022).

Adapun beberapa persyaratan yang disampaikan dalam roadshow tersebut, di antaranya lulusan sekolah menengah atas (SMA), lulus tes pengetahuan dasar dan lulus tes pemeriksaan kesehatan, dengan proses rekrutmen tanpa dipungut biaya.

“PT HJF juga sangat terbuka untuk menyerap tenaga kerja lokal non-skilled, baik untuk di Pulau Obi, Halmahera Selatan maupun Maluku Utara,” kata Stevi.

Untuk memastikan pelamar betul-betul berasal dari Pulau Obi dan wilayah Halmahera Selatan, PT HJF melihat dari KTP-el para pelamar dan rekomendasi dari pemerintah desa setempat. Prioritas pertama naker yang direkrut adalah yang berasal dari Desa Kawasi dan Desa Laiwui, serta dari Pulau Obi dan Kota Labuha.

Stevi menegaskan, sejak awal kegiatan roadshow rekrutmen telah melibatkan pemerintah desa, kecamatan dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Halmahera Selatan. Sosialisasi sebelum rekrutmen dilakukan melalui pemerintah desa dan kecamatan di Pulau Obi.

Adapun, serapan naker yang dilakukan oleh Harita Nickel juga selalu dilaporkan kepada Disnaker setempat. Selain roadshow, rekrutmen naker juga dilakukan melalui pengumuman lowongan pekerjaan di berbagai kanal.

Sementara itu, Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik melalui Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Halmahera Selatan, Ardiani Radjiloen menyatakan harapannya agar kegiatan roadshow rekrutmen ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. (rmn)

Exit mobile version