Harita Nickel Sumbang PAD Sektor Perizinan Tenaga Kerja Terbesar di Halsel

Harita Nickel

Penyerahan secara simbolis laporan kegiatan Roadshow Rekrutmen PT. Halmahera Jaya Feronikel (HJF) kepada Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Halmahera Selatan, Ardiani Radjiloen (tengah). Penyerahan dilakukan oleh HRGA Superintendent Agung Aribowo (kanan) mewakili manajemen Harita Nickel dan Penata III/c Kepala Bidang Penempatan & Perluasan Kesempatan Kerja, Asrul S Ibrahim (kiri). Foto: Dokumen Harita Nickel

INDOPOS.CO.ID – Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halmahera Selatan (Halsel), Ardiani Radjiloen menyebutkan, Harita Nickel jadi perusahaan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Halsel dari sektor perizinan tenaga kerja.

“Saya atas nama Pemda (Pemerintah Daerah) Halsel, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Harita, karena PAD kami per 21 Oktober 2022 sudah melebihi target dan kontribusi terbesarnya dari Harita,” ujar Ardiani melalui keterangan tertulisnya, Jumat (4/11/2022).

Namun demikian, ia tetap berharap agar kontribusi Harita yang tinggi ini dapat lebih ditingkatkan lagi ke depannya.

Melalui unit bisnis PT. Halmahera Jaya Feronikel (HJF), Harita menyerahkan laporan kegiatan roadshow rekrutmen tenaga kerja lokal yang dilaksanakan pada 5-11 Oktober 2022 ke Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halsel.

Hingga September 2022, PT. HJF berhasil merekrut 1.200 tenaga kerja dan kembali menargetkan untuk merekrut tambahan 600 tenaga kerja hingga akhir tahun ini. Jika terpenuhi, maka tahun ini akan terserap 1.800 tenaga kerja, baik skilled maupun non-skilled.

“Selama saya menjabat sebagai Kadis, sudah dua kali kegiatan (roadshow rekrutmen) ini dilakukan. Kami berharap, jangan sampai berhenti di sini, karena saya lihat Harita terus membangun, tentu itu akan butuh banyak tenaga kerja, terutama tenaga kerja lokal,” katanya.

Pastinya, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Halsel akan selalu membuka ruang untuk bekerja sama sesuai dengan aturan yang berlaku. Kegiatan ini sangat baik karena mendukung program pencari kerja yang digaungkan Pemda Halsel untuk mengurangi pengangguran dan menekan angka kemisikinan.

Head of External Relations Harita Nickel, Stevi Thomas menyatakan, kontribusi Harita Nickel untuk PAD Halsel selaras dengan visi perusahaan untuk memberikan kontribusi terbaik bagi pemegang saham, pemangku kepentingan dan bangsa.

‘Kami tentunya bertekad untuk memberikan kontribusi yang berkelanjutan, khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah operasional,” tegas Stevi.

Untuk diketahui, kegiatan roadshow rekrutmen ini merupakan bagian dari komitmen Harita Nickel dalam mengutamakan penyerapan tenaga kerja lokal. Ke depan, perusahaan akan terus dengan komitmen tersebut. (srv)

Exit mobile version