Pasca-KTT G20: Peta Jalan Transisi Energi untuk Mencapai NZE Tahun 2060

Hari Listrik Nasional

penyelenggaraan-HLN-ke-77

Wakil Ketua Umum Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Chairani Rachmatullah (kiri atas) bersama Ketua Panitia Hari Listrik Nasional ke-77 Noesita Indriani (kanan atas), dan Seno Isa Priambodo selaku moderator (bawah), pada konferensi pers The 77th Indonesia National Electricity Day (INED) 2022 secara virtual, Senin (14/11/2022). Foto: Tangkapan layar

INDOPOS.CO.ID – Sehari menjelang pelaksanaan G20 Summit 2022 di Bali hari ini, Senin (14/11/2022), Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menyampaikan rencana pelaksanaan acara Hari Listrik Nasional ke-77 (HLN ke-77).

HLN ke-77 yang rencananya digelar pada 29-30 November 2022 di Hotel Mulia Senayan, Jakarta ini mengangkat tema ‘Post G20 Summit: Energy Transition Road Map To Achieve Net Zero Emission In 2060 (Pasca-KTT G20: Peta Jalan Transisi Energi untuk Mencapai NZE Tahun 2060).

Ketua Panitia HLN ke-77, Noesita Indriani menyampaikan, pelaksanaan HLN ke-77 setelah G20 Summit ini diharapkan dapat menyampaikan informasi seluas-luasnya pada pemangku kepentingan dan masyarakat terkait hasil-hasil dan tindak lanjut G20 Summit dengan fokus pada sektor energi, khususnya subsektor kelistrikan.

“Kegiatan yang akan dihadiri 300 peserta dari berbagai industri ketenagalistrikan dan lebih dari 30 peneliti serta ahli di sektor energi dan ketenagalistrikan, baik nasional maupun internasional akan berbagi informasi, pengetahuan dan tekhnologi terkini,” ujarnya pada konferensi pers The 77th Indonesia National Electricity Day (INED) 2022 secara virtual, Senin (14/11/2022).

Ketua Umum MKI, Wiluyo Kusdwiharto melalui Wakil Ketua Umum MKI, Chairani Rachmatullah menjelaskan, dengan mengusung Sub-Tema Utilizing The Decarbonization Flexible Technology For Grid Stability, peringatan HLN ke-77 dapat memberi penegasan bahwa 2 pekerjaan rumah Indonesia dalam rangka transisi energi Indonesia menuju NZE 2060, yaitu pengembangan/pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan energi nir karbon lainnya yang masif dan Dekarbonisasi pada PLTU eksisting.

“Diharapkan dapat disampaikan peluang dan tantangan ini kepada semua stakeholder, baik nasional maupun global,” sebutnya.

Penyelenggaraan HLN ke-77 oleh MKI adalah kelanjutan dari HLN-HLN sebanyak 10 kali sebelumnya yang dilaksanakan dengan sukses akan menjadi forum terkemuka bertaraf internasional bagi para pelaku industri tenaga listrik nasional dan regional Asia. HLN ke-77 ini merupakan HLN pertama yang dilakukan secara langsung, setelah 2 kali dilaksanakan secara online karena pandemi Covid-19.

Ketua Umum MKI juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung penyelenggaraan HLN ke-77 diantaranya; PLN, Huawei, SSP Group, Pertamina, Adaro Power, Elsewedy, Hitachi Energy, North Sumatera Hydro Energy dan masih banyak lagi.(rmn)

Exit mobile version