Wujudkan SDM Kompeten, Kementerian PUPR Tingkatkan Kolaborasi

softbank

Ilustrasi - IKN. Foto: Instagram/@seasia.co

INDOPOS.CO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Hybrid-Building Information Modelling (BIM) Innovation Conference di Jakarta pada Kamis (24/11/2022).

Mengusung tema ‘Peningkatan Kompetensi SDM yang Berbasis BIM dan Geospasial sebagai Persiapan Membangun Ibu Kota Negara (IKN) dan Sosialisasi Pemanfaatan BIM pada Proyek Konstruksi’, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan knowledge sharing mengenai impelementasi teknologi BIM bagi pengguna jasa konstruksi untuk mendorong pemanfaatan teknologi.

“Pemanfaatan teknologi BIM serta kesiapan SDM dalam pengoperasian perangkat lunak dan perangkat keras merupakan dua hal yang harus berjalan sinergi dan berkelanjutan,” ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Zainal Fatah menambahkan, BIM akan mempermudah koordinasi, integrasi, efisiensi dan pengendalian pelaksanaan konstruksi sehingga akan mengakselerasi pembangunan infrastruktur di IKN. BIM bukan semata-mata aplikasi, tapi representasi digital dari karakteristik fisik dan fungsional suatu bangunan.

“Oleh karena itu, SDM bidang konstruksi yang akan terlibat dalam pembangunan infrastruktur IKN perlu dibekali dengan kompetensi di bidang BIM melalui pemodelan digital,” jelasnya.

Di kegiatan ini, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Trimble Navigation Singapore Pte. Ltd. yang merupakan kerja sama lanjutan dalam penyelenggaraan pelatihan dengan pemanfaatan teknologi dan peralatan Geospasial, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman terkait BIM yang lebih komprehensif.

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi juga terus berupaya untuk mendorong peningkatan kompetensi di bidang BIM, salah satunya melalui kolaborasi dan sinergi dengan stakeholders penyedia layanan software BIM, PT. Trimble Solutions SEA Pte. Ltd.

Sebelumnya telah dilaksanakan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Ditjen Bina Konstruksi dengan PT. Trimble Solution SEA Pte. Ltd yang akan mencetak 500 instruktur, melatih 1.500 ASN dan calon tenaga kerja konstruksi, serta pemanfaatan secara gratis 450 Lisensi Trimble Structures dan Trimble Connect untuk mencetak Ahli BIM ke depan.

“Hingga saat ini, dengan kerja sama antara Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) dengan Trimble, telah dilaksanakan pelatihan BIM instruktur dengan total 64 peserta dan pelatihan BIM dengan total 1.866 peserta,” sebut Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Yudha Mediawan. (rmn)

Exit mobile version