HLN Tindaklanjuti Hasil G20 Summit di Sektor Ketenagalistrikan

HLN Tindaklanjuti Hasil G20 Summit di Sektor Ketenagalistrikan - HLN 77 - www.indopos.co.id

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menggelar acara Hari Listrik Nasional (HLN) ke-77 tahun 2022 dengan tema 'Post G20 Summit: Energy Transition Road Map To Achieve Net Zero Emission In 2060'. Acara dirangkai dengan pembukaan The 77th INED 2022, di Jakarta, Selasa (29/11/2022). Foto: Dokumen INED

INDOPOS.CO.ID – Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) menggelar acara Hari Listrik Nasional (HLN) ke-77 tahun 2022 dengan tema ‘Post G20 Summit: Energy Transition Road Map To Achieve Net Zero Emission In 2060’.

Ketua Panitia HLN ke-77, Noesita Indriani menyampaikan, pelaksanaan HLN setelah G20 Summit ini diharapkan dapat menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada pemangku kepentingan dan masyarakat terkait hasil-hasil dan tindak lanjut G20 Summit dengan fokus pada sektor energi, khususnya subsektor kelistrikan.

Puncak acara ini terdiri dari seminar dan pameran industri ketenagalistrikan yang berlangsung dua hari, yakni 29-30 November 2022 di Jakarta. Seminar dan pameran ini dibuka oleh Menteri ESDM dan diperkirakan diikuti 500 peserta dari berbagai industri ketenagalistrikan.

“Kegiatan HLN ke-77 ini juga melibatkan siswa SMA-SMK sederajat melalui perlombaan essay dengan tema kendaraan listrik yang diikuti lebih dari 600 peserta dari seluruh Indonesia,” ujarnya, pada pembukaan The 77th INED 2022, di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Ketua Umum MKI, Evy Haryadi yang baru saja terpilih di Musyawarah Nasional (Munas) MKI IX pada 21 November 2022 lalu menjelaskan, dengan mengusung sub-tema Utilizing The Decarbonization Flexible Technology For Grid Stability, peringatan HLN ini memberi penegasan kuat bahwa MKI mendukung pemerintah dan stakeholder ketenagalistrikan untuk menindak lanjuti hasil-hasil G20 Summit di bidang transisi energi.

“Seperti diketahui, salah satu hasil G20 Summit adalah mekanisme transisi energi, dimana Indonesia mendapatkan komitmen dari Just Energy Transition Programme (JETP) sebesar USD20 B,” katanya.

Menurut MKI, kesiapan para stakeholder untuk mengimplementasikan transisi energi menuju NZE 2060 melalui pengembangan atau pemanfaatan EBT dan energi bersih lainnya yang masif dan Dekarbonisasi serta teknologi pendukungnya dapat terlihat pada tema diskusi dan pameran 3 sponsor utama HLN kali ini, yaitu PLN, Pertamina dan Huawei.

Evy juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung penyelenggaraan HLN ke-77, di antaranya PLN, Pertamina, Huawei, SSP Group, Adaro Power, Elsewedy, Hitachi Energy, North Sumatera Hydro Energy dan lain lain. (rmn)

Exit mobile version