Dukung Destinasi Pariwisata Baru, BCA Hadirkan Kegiatan Pendampingan dan Pelatihan

Dukung Destinasi Pariwisata Baru, BCA Hadirkan Kegiatan Pendampingan dan Pelatihan - bakti bca - www.indopos.co.id

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Hera F Haryn (kedua kiri) didampingi oleh Senior Vice President Corporate Communication BCA Susanti Nurmalawati (kanan) dan Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Cakranegara Indrawanto Sahama (kedua kanan) mengunjungi salah satu kuliner usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Wisata Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Senin (28/11/2022). Foto: Dokumen BCA

INDOPOS.CO.ID – PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) terus berkomitmen memberikan dukungan terhadap pengelolaan desa-desa wisata sebagai destinasi pariwisata baru di Indonesia yang tumbuh secara berkelanjutan.

Untuk memastikan dukungan tersebut tepat sasaran, Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F Haryn melakukan kunjungan ke Desa Wisata Bilebante, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Senin (28/11/2022).

Pada kunjungan tersebut, rombongan BCA juga menanam pohon di lahan Gunung Sasak, yang merupakan lahan kering dan tidak ada pohon yang dapat hidup pada daerah tersebut. Namun, masyarakat peyangga tak mengenal lelah, mereka tetap tekun melakukan penghijauan sejak 2012 dan akhirnya menuai hasil yang baik, yaitu pohon tumbuh dengan subur.

“Kali ini BCA bersama kelompok tani Wana Sasak Lestari menanam 1.000 pohon durian di lahan seluas 10 hektare. Semoga beberapa tahun ke depan kelompok tani dapat memanfaatkan buah tersebut untuk penunjang pendapatan,” ujar Hera, yang didampingi oleh Senior Vice President Corporate Communication BCA Susanti Nurmalawati dan Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama melakukan kunjungan ke Desa Wisata Bilebante.

Seremoni kegiatan ini turut dihadiri oleh Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB Julmansyah di Lombok, Selasa (29/11/2022).

Hera mengatakan, dukungan perseroan terhadap pengembangan potensi pariwisata melalui destinasi desa wisata di Tanah Air terus berlanjut dalam berbagai kegiatan pendampingan. Seperti di Desa Wisata Bilebante, BCA menghadirkan berbagai pelatihan yang relevan dengan kebutuhan komunitas lokal yang mengelolanya.

“Kami menyaksikan langsung dampak dari dukungan yang diberikan perseroan kepada desa wisata di Bilebante. Sama halnya dengan 12 desa binaan BCA lainnya, dampak langsung dari pendampingan yang kami berikan adalah menjamin pengelolaan desa wisata yang mampu berdaya saing dan sustain,” kata dia.

Seperti diketahui, Desa Wisata Bilebante tengah menjadi daya tarik destinasi baru di mata wisatawan domestik maupun asing, setelah berhasil keluar sebagai juara kedua untuk kategori alam dalam BCA Desa Wisata Award pada akhir tahun lalu. Desa tersebut memiliki keunikan dan keunggulan dari sisi alam.

Tidak heran jika desa wisata tersebut saat ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata hijau, yang menawarkan para wisatawan untuk kembali ke alam. Ciri khas tersebut harus dapat terus dikelola melalui berbagai pendekatan, baik melalui eksplorasi tradisi dan kultur setempat, maupun melalui pemanfaatan teknologi cerdas masa kini. (rmn)

Exit mobile version