Pelaku Bisnis Produk Halal Didorong Perluas Pasar Go International

halal

Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Sutan Emir Hidayat, saat menyampaikan sambutannya dan membuka secara resmi Muslim Lifefair yang digelar di Bandung Convention Centre, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jumat (9/12/2022). Foto: Dokumen INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Muslim Life Fair yang digelar Lima Events bersama Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) sejak tahun 2019 untuk mendorong pelaku bisnis produk halal untuk memperluas pasar go internasional.

Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Dr. Sutan Emir Hidayat, Sp.P, MBA mengapresiasi semangat pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang optimistis saling berjejaring, berkolaborasi dalam memperluas akses pasar melalui Muslim Life Fair.

Ini mengindikasikan adanya kesadaran yang mulai tertanam di benak pelaku usaha UMKM halal, bahwa Indonesia sudah saatnya harus bangkit menjadi pemain utama, tak melulu hanya sebagai konsumen, melainkan beralih menjadi produsen produk halal yang siap bersaing di market global.

“KNEKS akan terus mendorong upaya kreatif dan proaktif untuk percepatan menuju Indonesia sebagai Global Hub 2024,” ujar Emir, saat menyampaikan sambutannya dan membuka secara resmi Muslim Lifefair yang digelar di Bandung Convention Centre, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jumat (9/12/2022).

Untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi Global Halal Hub pada tahun 2024, peran dari UMKM dan kawasan strategis ekonomi di Indonesia menjadi sangat signifikan.

“Apalagi dengan semangat pelaku UMKM ikut pameran adalah bagian dari dakwah agar masyarakat muslim semakin menyadari dan memahami gaya hidup halal sesuai syariah, pastinya ikhtiar ini memiliki nilai tersendiri sehingga Allah selalu memberikan rahmat-Nya yang besar,” kata Direktur Lima Events, Deddy Andu.

Terkait skalasi pelaku produk bisnis halal go to export, pada kesempatan Muslim Life Fair ini, KPMI melakukan penandatanganan MoU terkait kerja sama ekspor dengan ASEAN Mall Thailand.

Ketua KPMI, Rachmat Sutarnas Marpaung berharap pelaku UMKM bisnis halal bisa lebih memanfaatkan peluang dan tidak berhenti berinovasi, berkreasi dan memperluas jejaring.

“Sebagai wadah para pelaku bisnis dalam berikhtiar bermuamallah yang sesuai syariat dan sunnah Rasulullah, KPMI bersama dengan Nudira Learning Center, Aspenku.com dan Hibbu Creative House juga memiliki program khusus Export Academy, yang merupakan sebuah ekosistem pengembangan SDM ekspor,” bebernya.

Mengusung tema #NgariungBareng, selama tiga hari mulai 9-11 Desember 2022, pengunjung disuguhi beragam produk muslim dengan harga spesial, mulai dari produk modest fashion, kosmetik halal, islamic education, hingga hobbies and communities. (rmn)

Exit mobile version