Pelaku UMKM Harus Beretika Saat Bangun Jejaring di Dunia Digital

belanja online

Ilustrasi transaksi secara online (dok INDOPOS.CO.ID)

INDOPOS.CO.ID – Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bonifasius Wahyu Pudjianto menegaskan, pentingnya etika dalam membangun dan mengembangkan jejaring di dunia digital. Sehingga pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) mampu menjaga etika di dunia digital.

“Saking asyiknya kita berbisnis dan networking di digital, kita lupa ada etika yang perlu kita jaga. Karena etika di dunia digital tidak beda dengan etika di dunia nyata,” ujar Bonifasius Wahyu Pudjianto dalam keterangan, Rabu (14/12/2022).

Ia mengatakan, para pelaku UMKM harus memperhatikan keamanan data pribadi. Terutama saat mengembangkan jejaring di dunia digital dengan dukungan Undang-undang (UU) Perlindungan Data Pribadi.

“Data pribadi menjadi penting, apalagi di dunia digital. Jadi pelaku usaha pun harus menjaga keamanan data pribadi saat mengembangkan jejaring usaha di dunia digital,” terangnya.

Kampung Cyber dan Iradat Wirid dari Center for Digital Society (CfDS) Antonius Sasongko menambahkan, masyarakat harus mampu memanfaatkan ruang digital untuk membangun ekonomi. Tentu saja, harus didukung kecakapan literasi digital.

“Kami membantu masyarakat mengenal internet. Lalu, mendorong mereka untuk membangun ekonomi dari sana,” ujarnya.

Ia menyebut, dunia digital sangat luas. Semua ada di sana, dari semua bidang ilmu hingga keahlian di berbagai bidang. “Masyarakat yang termotivasi dengan internet, bisa semakin cakap digital,” ungkapnya.

“Mereka bisa mengikuti perkembangan isu dan informasi serta mengembangkan ekonomi, seperti warga di kampung cyber,” imbuhnya. (nas)

Exit mobile version