Produksi Gas 591 MMscf, PHM Catat Capaian Tertinggi di 2022

PT-Pertamina-Hulu

PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) yang merupakan bagian dari Regional 3 Kalimantan Subholding Upstream Pertamina. Foto: Dokumen PHM

INDOPOS.CO.ID – PT. Pertamina Hulu Mahakam (PHM), bagian dari Regional 3 Kalimantan Subholding Upstream Pertamina mencatat produksi gas tertinggi sepanjang 2022 di penghujung tahun dengan capaian 591.2 MMscf.

“PHM menutup tahun 2022 dengan capaian produksi gas 591.2 MMscf. Dengan capaian ini, PHM telah mencapai 107 persen terhadap RKAP produksi gas dan 106 persen terhadap RKAP produksi minyak,” ujar Krisna, GM PHM Zona 8 Regional 3 Kalimantan Subholding Upstream Pertamina, melalui keterangan tertulis, Jumat (6/1/2023).

Ini sangat membanggakan karena produksi PHM, khususnya untuk gas meningkat signifikan sejak awal tahun 2022. Tentu ini sebuah pencapaian yang luar biasa karena menandakan kinerja PHM yang terus meningkat setelah hampir 9 tahun mengalami decline secara alami.

“Keberhasilan peningkatan produksi gas PHM sebagai hasil dari penerapan berbagai inovasi dan teknologi guna meningkatkan recovery rate dari sumur-sumur migas yang ada,” katanya.

Krisna juga menambahkan pemberian insentif dari Pemerintah Indonesia di awal tahun 2021 telah membuka peluang bagi PHM untuk melanjutkan program kerja pengembangan WK Mahakam secara lebih ekstensif, termasuk program eksplorasi sumur baru.

“Semoga di tahun 2023, pencapaian PHM, baik dari produksi maupun HSSE dapat mencapai target yang telah ditetapkan,” harapnya.

Sementara itu, program pengeboran sumur baru di lapangan masih berlangsung dan diharapkan akan terus berkontribusi untuk penambahan produksi gas nasional dari Mahakam.

Direktur Utama PHI, Chalid Said Salim mengatakan, pencapaian produksi gas tersebut diraih atas upaya optimal yang dilakukan Regional 3 Kalimantan.

“Pencapaian produksi gas PHM ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi Regional 3 Kalimantan sebagai buah kerja sama semua pihak sejak tahap perencanaan, konstruksi dan start up, pengeboran dan perawatan sumur, hingga operasi produksi yang andal,” beber Chalid.

PHM merupakan anak perusahaan PHI yang menjalankan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance) di WK Mahakam di Kalimantan Timur.

PHM bersama anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, andal, patuh dan ramah lingkungan demi mewujudkan #EnergiKalimantanUntukIndonesia.(rmn)

Exit mobile version