Direktur INSIS KNEKS Jadi Tokoh Pendukung Gerakan Pemuda Ekonomi Syariah

knecks

Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) Sutan Emir Hidayat (kedua dari kiri) menerima Penghargaan Tokoh Pendukung Gerakan Pemuda untuk Ekonomi Syariah dari Bank Syariah Indonesia (BSI) maslahat yang diserahkan oleh Direktur Penjualan dan Distribusi, Bank Syariah Indonesia, Anton Sukarna. Foto: Dokumen KNEKS

INDOPOS.CO.ID – Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah (INSIS) KNEKS, Sutan Emir Hidayat meraih penghargaan sebagai Tokoh Pendukung Gerakan Pemuda untuk Ekonomi Syariah (Eksyar).

Adapun beberapa penilaian dari penghargaan tersebut dilihat dari aspek kontribusinya selama ini untuk perkembangan ekonomi dan keuangan syariah, di antaranya dalam kegiatan bersama tim manajemen Eksekutif KNEKS turut menyusun dan mengimplementasikan masterplan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024.

Kemudian, bersama tim manajemen Eksekutif KNEKS turut menyusun Strategi Nasional Pengembangan Materi Edukasi untuk Peningkatan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah, serta bersama tim manajemen Eksekutif KNEKS juga ia menginisiasi penyusunan kurikulum ekonomi syariah di institusi pendidikan (level sekolah menengah dan perguruan tinggi).

Tak hanya itu, bersama dengan tim manajemen Eksekutif KNEKS ia juga menginisiasi terbentuknya Komite Daerah Ekonomi Keuangan Syariah di 7 provinsi di Indonesia sebagai ikhtiar percepatan pengembangan ekonomi syariah di daerah.

Termasuk juga memberikan dukungan kegiatan training dai ekonomi syariah LIKES dengan mendorong pembuatan buku kultum ekonomi syariah kerjasama MUI, BSI, BSI Maslahat dan KNEKS, serta mengawal kolaborasi program Sharia Young Leader Summit dengan menjadi dewan juri dan reviewer conference.

“Alhamdulillah kali ini saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi Tokoh Pendukung Gerakan Pemuda untuk Ekonomi Syariah,” ujar Emir, dalam keterangannya, Selasa (7/2/2023).

Menurutnya, perkembangan ekonomi dan keuangan syariah khususnya di Indonesia membutuhkan generasi muda yang kuat, kompeten, mau terus belajar untuk pengetahuan yang baru, inovatif dan memiliki kreativitas yang tinggi untuk terus memajukan bangsa sehingga dapat menjadi Agent of Change dalam ekonomi dan keuangan syariah Indonesia dan global.

Adapun BSI Maslahat merupakan sebuah wadah untuk memperkuat kemitraan dengan mitra strategis PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk dalam mengoptimalkan potensi dan menghimpun dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Sedekah dan Wakaf) serta donasi sosial dan CSR dengan sasaran muzakki perorangan maupun perusahaan.

Dalam aktifitas pengelolaan dan penyaluran dana kepada ashnaf mustahik, BSI Maslahat mendasari programnya untuk menyantuni dan memberdayakan potensi para mustahik, sehingga mustahik memiliki peluang dan mampu bersaing mengangkat derajat kehidupan yang lebih baik lagi. (rmn)

Exit mobile version