Jadi Solusi Pembiayaan, Sandiaga Uno: 1 Film Ciptakan 300 Lapangan Kerja

Menparekraf-Sandiaga-Uno

Menparekraf Sandiaga Uno dan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo Foto: Nasuha/ INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Bangkitnya subsektor film tanah air diharapkan dapat berdampak pada penciptaan lapangan pekerjaan yang lebih banyak. Pembuatan 1 film bisa menciptakan 200-300 lapangan kerja.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Jakarta, Jumat (24/2/2023). Ia menyebut, subsektor film, animasi dan video sendiri di 2021 menyumbang Rp2,69 triliun pada produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

“Program ini bisa menciptakan ekosistem perfilman yang lebih baik dan tentunya membawa ekonomi kreatif kita yang sekarang nomor tiga dunia bisa meningkat dan membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” katanya.

“Jadi dengan 4 film bisa membuka peluang lapangan kerja 800 hingga 1.000. Selain itu juga bisa mengangkat destinasi pariwisata di Indonesia,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/ Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo menambahkan, skema pendanaan Fintech Securities Crowdfunding (FinsCoin) menjadi terobosan yang baik dalam pembiayaan film. Sehingga pendanaan yang selama ini menjadi isu dalam industri film, bisa dituntaskan.

“Dengan keterlibatan aktif dari masyarakat, maka secara otomatis mereka juga turut serta mempromosikan filmnya sejak awal,” katanya.

“Ke depannya kita dorong lebih banyak lagi film yang bisa didanai melalui crowdfunding, dan terbuka juga untuk musik dan event,” imbuhnya.

Sementara itu, CEO Bizhare Heinrich Vincent mengatakan, program ini bisa menggerakkan industri film dan memberikan warna baru untuk pertumbuhan industri film di Indonesia. “Masyarakat yang ingin berpartisipasi menjadi investor dalam program ini dapat mengunduh aplikasi Bizhare. Kemudian tinggal memilih jenis film yang akan diinvestasikan,” katanya.

Diketahui, 4 film yang akan mendapatkan pembiayaan FinsCoin, di antaranya: Mantra Surugana (Horror), The Hole/Bolong (Horror), Tulang Belulang Tulang (Drama/Comedy) dan Romeo Ingkar Janji (Drama/Romance). Pembiayaan yang akan diterima 4 film tersebut sebesar Rp 50 miliar. (nas)

Exit mobile version