Sinergitas Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional

Event-Bazar-UMKM

PT. Wijaya Karya (Pesero) Tbk bersama PT. Bukit Asam Tbk kembali menggelar event Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia di Jakarta. Kegiatan yang sudah ketiga kalinya digelar tahun ini berlangsung pada 9-12 Maret 2023. Peresmian pembukaan dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gendang oleh Direksi dari Wika dan Bukit Asam didampingi pejabat dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (9/3/2023). Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – PT. Wijaya Karya (Pesero) Tbk bersama PT. Bukit Asam Tbk kembali menggelar event Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia di Jakarta. Kegiatan yang sudah ketiga kalinya digelar tahun ini berlangsung pada 9-12 Maret 2023.

Peresmian pembukaan dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gendang oleh Direksi dari Wika dan Bukit Asam didampingi pejabat dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Gedung Sarinah, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Bazar UMKM BUMN Untuk Indonesia diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setiap bulan sejak Januari hingga Desember 2023, dan dilaksanakan oleh dua BUMN untuk masing-masing edisi dengan durasi 4 hari pameran.

Event yang digelar setiap bulan ini merupakan bentuk sinergitas untuk mendorong percepatan pemilihan ekonomi nasional pada berbagai sektor, termasuk pengembangan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan.

Penyelenggaraan Bazar UMKM BUMN 2023 ini bertujuan untuk memberi akses pasar yang lebih luas bagi UMKM dalam memasarkan produknya melalui interaksi langsung di lokasi pameran, yaitu di area Basement Gedung Sarinah dengan fasilitasi sistem transaksi digital.

Ada empat sektor unggulan pada event ini, mulai dari makanan dan minuman dalam kemasan, fesyen, kriya, serta kebugaran dan kecantikan.

Sektor makanan dan minuman menampilkan sebanyak 42 pelaku usaha mitra binaan Wika, Bukit Asam dan Rumah BUMN, yang semuanya memiliki tautan digital langsung ke www.padiumkm.id menawarkan beragam jenis produk makanan olahan berbasis buah (Nanas, Salak, dan lain-lain), ikan Lele, kue kering, cemilan, Sambal dan sebagainya.

Sektor kriya (Craft) hadir 31 pelaku usaha dengan ragam produk unggulan hasil kerajinan bambu, Totebag, Sling Bag, Tas Kosmetik, Dompet, ID Card Holder, Jam Tangan Kayu dan Resin serta aksesoris buatan tangan.

Sementara itu sebanyak 30 pelaku usaha fesyen menampilkan koleksi mutakhir ragam busana Busana Batik, Songket, Tenun Ikat, Sulam Usus, Jumputan, Busana Muslim dan aksesori fesyen.

Tak ketinggalan sebanyak 3 pelaku usaha kategori produk kecantikan dan kesehatan menampilkan ragam pilihan suplemen makanan seperti Immune Support 20ml, Natural Deodorant, Cold & Flu Balm, Secret Potion Organic Bodywash, Candy Soap Bar, Cleansing Oil, dan lain-lain.

Direktur Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) Wika, Ayu Widya Kiswari menyampaikan, Bazar UMKM BUMN untuk Indonesia ini juga sekaligus menunjukan komitmen Wika dalam pemberdayaan UMKM yang tergabung sebagai mitra binaan Wika.

“Wika punya komitmen yang kuat untuk memastikan usaha dari mitra binaan Wika secara konsisten mengalami pertumbuhan melalui program bimbingan dan perluasan jangkauan pasar,” ujar Ayu.

Direktur SDM PT. Bukit Asam, Suherman mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN yang telah melaksanakan Bazar UMKM ini. Ia mengatakan, ini merupakan komitmen PT. Bukit Asam dalam melakukan pembinaan UMKM.

Suherman menyatakan, para UMKM dibina dari hulu ke hilir. UMKM yang hadir dalam kegiatan ini berasal dari 4 rumah BUMN, yaitu Rumah BUMN Muara Enim. Rumah BUMN Banyuasin, Rumah BUMN Sawahlunto dan Rumah BUMN Bandarjaya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan Bazar UMKM yang diselenggarakan ini dapat membuat para UMKM menjadi naik kelas, baik dari sisi penambahan omset maupun dari bertambahnya jumlah tenaga kerja. Sehingga produknya bisa dikenal di tingkat nasional maupun mancanegara,” beber Suherman.

Selama 4 hari pameran juga disemarakkan dengan rangkaian kegiatan hiburan musik hidup, gelar wicara, mini theater, mini workshop, games dan kuis berhadiah, serta senam kebugaran bertepatan dengan hari bebas kendaraan.(rmn)

Exit mobile version