Enam Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis

Enam Manfaat Menggunakan E-Wallet untuk Bisnis - e wallet majoo - www.indopos.co.id

Masyarakat lebih memilih melakukan transaksi nontunai atau dikenal dengan e-wallet. Foto: Majoo

INDOPOS.CO.ID – Perkembangan teknologi telah merubah gaya hidup masyarakat dalam bertransaksi. Jika dahulu menggunakan uang cash. Maka sekarang ini masyarakat bertransaksi dengan menggunakan pembayaran e-wallet.

Seiring waktu, orang mulai meninggalkan uang cash atau uang tunai dalam bisnis. Sebaliknya, masyarakat lebih memilih menggunakan e-wallet untuk melakukan transaksi nontunai atau dikenal dengan e-wallet.

Salah satunya kamu bisa berlangganan dengan aplikasi wirausaha majoo, maka kamu akan menemukan fitur e-wallet yang tentunya akan memudahkan bisnis kamu untuk banyaknya pembayaran digital yang dilakukan oleh masyarakat.

Maka, pemilik bisnis harus mengikuti pilihan masyarakat dengan menerapkan proses bisnis non-keuangan untuk bisnis offline dan online. Apa sebenarnya e-wallet dan apa manfaatnya dalam bisnis?

Pengertian e-wallet

E-wallet adalah teknologi berupa layanan elektronik yang dapat menyimpan data pembayaran, misalnya transaksi menggunakan kartu atau uang digital. Teknologi ini hadir dalam bentuk aplikasi yang mudah diakses melalui smartphone.

Kegunaan utama e-wallet tentunya untuk kemudahan transaksi, termasuk pembelian dan pembayaran bulanan. Pengguna juga dapat menyetor atau menyetor uang ke e-wallet melalui transfer, setoran tunai, mobile banking, atau auto-debit.

Peraturan pembayaran e-wallet diatur pemerintah dalam Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 dan Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/41/DKSP tentang pelaksanaan Hukum Dagang.

Perkembangan E-Wallet di Indonesia

Contoh dan daftar e-wallet yang ada di Indonesia antara lain OVO, Dana, Flip, LinkAja, ShopeePay, GoPay, i Saku, Doku, Jenius, Octo Mobile, Go Mobile CIMB dan masih banyak lagi lainnya. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Manfaat e-wallet dalam bisnis

Pergeseran gaya hidup masyarakat dari pembayaran tunai ke pembayaran digital menggunakan e-wallet tentu bukan tanpa alasan. Metode pembayaran e-wallet memiliki banyak keuntungan bagi bisnis, antara lain:

1. Bisnis semakin mudah
Keuntungan utama menggunakan e-wallet adalah kemudahan transaksi. Karena tidak perlu lagi membiayai investasi dengan nilai nominal yang lebih rendah. Pelanggan hanya perlu memindai kode QR atau barcode untuk melakukan pembayaran. Selain itu, uang dari dompet elektronik pembeli akan masuk ke dompet elektronik penjual.

2. Lebih nyaman dan efisien
Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan pembayaran e-wallet adalah transaksi yang nyaman, efisien dan efektif. Sebagai pemilik bisnis, kamu dapat menjaga dan meningkatkan kualitas layanan pelanggan melalui kemudahan pembayaran menggunakan dompet digital ini.

3. Banyak promo dan penawaran menarik
Pemilik bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan seiring dengan peningkatan keuntungan. Strategi pemasaran yang paling umum adalah menawarkan promosi dan barang-barang menarik kepada pelanggan.

Inilah keuntungan menggunakan e-wallet, yaitu banyak perbaikan yang dilakukan secara berkala. Misalnya ada diskon untuk pembelian dengan nilai nominal yang sama, diskon untuk produk khusus, diskon pembelian untuk pengguna baru, atau berupa voucher atau cashback untuk pelanggan.

Arti kamu tidak lagi harus membayar untuk peningkatan produk karena mendapat dukungan yang disediakan oleh dompet digital. Program promosi ini hanya berlaku bagi pelanggan yang telah melakukan belanja digital yaitu menggunakan e-wallet.

4. Keamanan terjamin
Tak kalah pentingnya, pembayaran e-wallet menjamin keamanan setiap transaksi yang dilakukan, baik dari pihak penjual maupun pihak pembeli. Untuk pengecer, proses bisnis digital membantu mengurangi aktivitas kriminal pengutilan.

Bahkan, semua jenis transaksi disimpan dalam e-wallet. Sedangkan bagi konsumen, transaksi di e-wallet juga bagus. Padahal, konsumen tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar, yang tentunya akan mengundang oknum untuk melakukan tindak pidana pencurian uang.

5. Kemudahan pembayaran tagihan
Selain mempermudah transaksi, pembayaran e-wallet juga memudahkan kamu membayar tagihan bulanan. Dengan cara ini, kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan energi mengunjungi toko atau counter offline hanya untuk membayar tagihan bulanan. Ini juga berlaku untuk pembayaran biaya distributor.

6. Teliti dan cermat dalam menyusun catatan bisnis
Salah satu kendala yang sering ditemui saat menjalankan bisnis UMKM adalah masalah manajemen, terutama pengelolaan uang. Transaksi ini biasanya tidak mungkin untuk menyimpan catatan yang tidak terdefinisi dan teratur.

Tentunya hal ini akan berbeda dengan menggunakan e-wallet. Pasalnya, data yang diperoleh dari laporan transaksi melalui e-wallet biasanya lengkap dan kuat. Semua pemasukan dan pengeluaran dapat dianalisis, baik dari segi uang maupun waktu usaha.

Oleh karena itu, analisis keuangan akan mudah untuk menganalisis bagaimana sumber daya keuangan perusahaan disimpan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan deposit e-wallet. Banyaknya alat pembayaran digital atau e-wallet yang beredar di Indonesia, maka tentunya kamu memerlukan satu platform yang bisa mencangkup semua jenis e-wallet tersebut.

Hal ini tentu tak bisa lepas dari kemajuan teknologi yang semakin meminimalisir penggunaan uang cash. Nah jika kamu menggunakan fitur tersebut maka kamu akan mendapatkan manfaat diantaranya adalah:

1. Hanya satu kode QR
Hanya dengan satu kode QR maka sudah bisa melakukan untuk semuanya. Kini, pembayar tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk memasukkan nama pembayaran, pelanggan dapat memindai kode QR langsung dari aplikasi e-wallet yang digunakan di perangkatnya.

Selanjutnya pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan instan. Selain itu, fungsi e-wallet aplikasi majoo dapat mendukung semua pembayaran dari penyedia layanan e-wallet QRIS seperti Gopay, OVO, Dana, LinkAja, Shopeepay, dan BCA Mobile.

2. Mendukung tanpa struk
Struk pembayaran terkadang menjadi biaya tambahan dalam sebuah bisnis. Nah dengan menggunakan e-wallet maka kamu telah mengurangi biaya pembelian kertas struk yang tentunya akan memberikan efisiensi bagi perusahaan.

Selain itu, dengan adanya fitur e-wallet, masalah ini akan hilang dengan sendirinya karena kamu tidak perlu lagi mencetak struk fisik. Pelanggan akan segera menerima nota digital yang dikirimkan melalui WhatsApp.

3. Koneksi ke mesin EDC BCA
Tak hanya itu, Layanan e-wallet ini juga menawarkan keuntungan lain yaitu terkoneksinya dalam semua pembayaran yang dilakukan dengan mesin EDC BCA. Kesalahan input dapat dihindari karena berkat teknologi pembayar tidak perlu lagi memasukkan pembayaran dua kali.

Cukup masukkan jumlah yang akan dibayarkan nasabah melalui aplikasi majoo, maka mesin EDC BCA akan mendaftarkan nama secara otomatis. Pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama untuk membayar dengan kartu debit atau kredit BCA.

4. Pendaftaran EDC mudah melalui aplikasi majoo
Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah pendaftaran EDC yang mudah. Sebagai mitra eksklusif BCA, pendaftaran mesin EDC BCA dapat dilakukan dengan cepat melalui majoo. Pelaku bisnis hanya perlu melakukan registrasi melalui menu dashboard majoo, sehingga harus menunggu BCA melakukan verifikasi dan pemasangan mesin EDC secara langsung tanpa biaya tambahan.

Tak hanya itu, terkait biaya perawatan dan biaya MDR juga rendah, sehingga kamu dapat memulai bisnis lebih jauh lagi dengan teknologi digital tanpa memikirkan biaya tinggi yang harus kamu keluarkan. (ibs)

Exit mobile version