Inovasi Sangat Penting Bagi BUMD, Ini Alasannya

Inovasi Sangat Penting Bagi BUMD, Ini Alasannya - Lutfi Handayani - www.indopos.co.id

Ketua penyelenggara TOP BUMD Awards 2023, M Lutfi Handayani sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness sedang membacakan laporan acara TOP BUMD Awards 2023, di Jakarta, Rabu (5/4/2023). Foto: Panitia Penyelenggara

INDOPOS.CO.ID – Penghargaan Top BUMD Awards 2023 digelar di Jakarta pada Rabu (5/4/2023). Penghargaan ini diberikan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah sukses melewati proses penilaian dalam beberapa tahap.

Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023, M. Lutfi Handayani mengatakan, tema yang diangkat tahun 2023 ini adalah ‘Inovasi dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’.

“Inovasi sangat penting bagi BUMD. Jika inovasi ditularkan, tentu mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh,” ujar Lutfi.

Top BUMD Awards ini diselenggarakan untuk mendukung pelaksanaan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang di dalamnya mengatur mengenai maksud dan tujuan didirikannya BUMD, serta PP Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD, yang didalamnya mengatur tentang tata cara pengelolaan BUMD.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta agar BUMD terus bersemangat demi kebangkitan ekonomi nasional lebih lanjut.

“Demi mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia, kita memperkuat sinergi antara BUMD dengan lembaga lain, seperti dengan BUMN (Badan Usaha Milik Negara), pihak swasta dan butuh peran serta dari pemerintah daerah juga. Termasuk perlu program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu,” katanya.

Direktru Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni menegaskan, upaya yang perlu dilakukan itu meliputi beberapa hal, di antaranya pengembangan aktivitas bisnis untuk meningkatkan pendapatan dan memperkuat sektor riil.

“Kemudian meningkatkan dan fokus pada produk-produk unggulan BUMD yang menjadi kekuatan daerah, serta mendorong perekonomian daerah agar mempermudah akses usaha seluas-luasnya, terutama pada pelaku usaha UMKM, ultra mikro dan usaha kecil lainnya,” kata Agus.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2023, Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, M.A., menjelaskan beberapa kriteria penilaian yang digunakan dalam penghargaan tersebut.

“Kriteria utama penilaian oleh Dewan Juri Top BUMD Awards 2023, mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan level bintang penghargaan dari bintang 1 sampai yang tertinggi, yakni bintang 5,” jelasnya.

Dewan Juri juga menetapkan penghargaan Top Pembina BUMD 2023. Penghargaan Top Pembina BUMD diberikan kepada kepala daerah (gubernur, bupati, walikota) yang BUMD-nya mendapat penghargaan dalam kegiatan Top BUMD 2023 ini.

“Penghargaan ini diberikan karena Dewan Juri menilai bahwa keberhasilan kinerja BUMD, tentu tidak lepas dari dukungan dan peran kepala daerahnya,” sebut Djohermansyah. (rmn)

Exit mobile version