Dukung Capai Bauran EBT, PLTB Tanah Laut Diharap Mulai Alirkan Listrik di 2025

pltb

Direktur Utama PT PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah. Foto: Dokumen PLN NP

INDOPOS.CO.ID – Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Tanah Laut diharap dapat mulai mengalirkan listrik pada tahun 2025 untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo mengatakan, ke depannya Perjanjian Jual Beli Listrik (PJBL) PLTB Tanah Laut diharapkan dapat menjadi referensi untuk proyek PLTB pada khususnya dan EBT pada umumnya yang tidak hanya dari sisi harga yang kompetitif, namun juga dapat diterima oleh Independent Power Producer (IPP), PLN dan dunia perbankan.

“PLTB dengan kapasitas 70 MW yang dilengkapi dengan sistem penyimpanan energi baterai 10 MWh ini ditargetkan dapat memperkuat pasokan listrik di sistem interkoneksi Kalimantan dan menambah bauran energi terbarukan di Indonesia,” ujarnya, seperti dikutip, Sabtu (5/5/2023).

Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk, Garibaldi Thohir mengatakan, penandatanganan PJBL dengan PLN ini merupakan momen yang berharga bagi Adaro.

“Hal ini sejalan dengan harapan pemerintah yang ingin memastikan transisi energi di Indonesia dapat menghasilkan energi yang terjangkau bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Managing Director Indonesia & CFO APAC at Total Eren, Romain Pierru stated, we are delighted to partner with PLN for the supply of electricity with the Tanah Laut Wind Farm, which demonstrates Total Eren’s strong commitment to the renewable energy market in Indonesia. Total Eren had initiated the development of this project and then been successfully awarded in a competitive tender together with its Partner Adaro Power.

“With the signing of this PPA, we are reaching a new milestone with our Partners. I am looking forward to the commencement of the construction of the Tanah Laut Wind Farm which will provide low-carbon electricity for the benefit of people in Indonesia,” sebutnya.

Direktur Utama PLN NP, Ruly Firmansyah menyampaikan bahwa komitmen dan keterbukaan PLN NP dalam bekerja sama dengan mitra untuk menghadirkan listrik berkualitas bagi Indonesia.

“PLN NP akan selalu membuka diri dalam menghadirkan nyala terang listrik di Indonesia. Apalagi jika listrik tersebut berasal dari pembangkit EBT, dimana saat ini kami sedang berfokus dalam pengembangan EBT tersebut,” pungkasnya. (rmn)

Exit mobile version