TIKI SERLOK Dukung UMKM Tingkatkan Daya Saing di Era Ekonomi Digital

TIKI SERLOK Dukung UMKM Tingkatkan Daya Saing di Era Ekonomi Digital - tiki - www.indopos.co.id

Direktur Utama PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Yulina Hastuti (kanan), berbincang dengan (dari kiri ke kanan) Senior Manager Nasional TIKI, Adam Ismanto; Brand Activist, Arto Biantoro; dan F&B entrepreneur & business owner Pempek CRP Pusat, Uriel Laguarda, usai acara Talkshow TIKI dengan tema “Memaksimalkan Strategi Branding untuk Tingkatkan Penjualan di Media Sosial”, di Jakarta, Rabu (24/5/2023). Foto: Dokumen TIKI

INDOPOS.CO.ID – PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI) berkomitmen untuk terus memperluas cakupan layanan TIKI SERLOK (Seller Online Booking) hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Ini dilakukan agar dapat mendukung lebih banyak lagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia dalam mengembangkan bisnis dan meningkatkan daya saing di era ekonomi digital. Dengan menjadi member TIKI SERLOK, UMKM akan memperoleh manfaat dan penawaran khusus untuk mendukung usahanya.

Direktur Utama TIKI, Yulina Hastuti mengatakan, era digital memberikan ruang yang besar bagi para pelaku UMKM untuk dapat mempromosikan produknya dan menjangkau pelanggan lintas kota dan lintas wilayah.

“Memahami cara yang tepat dalam memanfaatkan platform digital sangat menentukan efektivitas pemasaran dan konversinya menjadi penjualan. Pelaku UMKM juga perlu memastikan dapat memenuhi janji dalam promosi pemasarannya, antara lain kualitas produk dan pengiriman,” ujar Yuliana, pada acara Talkshow TIKI dengan
tema “Memaksimalkan Strategi Branding untuk Tingkatkan Penjualan di Media Sosial”, di Jakarta, Rabu (24/5/2023).

Salah satu bentuk dukungan TIKI dalam pengembangan kompetensi UMKM dengan memfasilitasi kegiatan diskusi rutin, dilakukan acara Ngobrol Bareng TIKI. Dengan menghadirkan sejumlah pembicara, TIKI mengulas topik ‘Strategi Penting Meningkatkan Brand dan Omset Penjualan’.

Adam Ismanto, Senior Manager Nasional TIKI menjelaskan, TIKI telah menjadi mitra pengiriman terpercaya bagi pelaku UMKM selama 53 tahun.

“Kami sangat memahami bahwa biaya pengemasan dan pengiriman dapat menjadi komponen biaya yang cukup besar, belum lagi pencatatannya yang memakan waktu dan tenaga. Sehingga hal ini yang melatarbelakangi diluncurkannya TIKI SERLOK di tahun 2020 lalu,” kata Adam.

Sementara itu, Arto Biantoro, Brand Activist mengatakan, banyaknya produk yang sejenis mendorong kreativitas yang lebih tinggi bagi para pemilik brand. Memahami customer journey sebagai bagian dari proses pembangunan relasi dan kedekatan dengan konsumen menjadi sebuah keharusan.

“Oleh karena itu bukan hanya sekedar menjual, pemilik brand juga harus peka dalam memahami tingkah laku dan kebiasaan konsumen. Pemilik brand harus memastikan barang dapat sesegera mungkin diterima konsumen dan sesuai janji,” kata Arto.

Uriel Laguarda, F&B entrepreneur & business owner Pempek CRP Pusat menyebutkan, sekarang ini teknologi semakin berkembang sehingga memudahkan proses transaksi dan memungkinkan untuk mengembangkan bisnis dengan lebih cepat.

“Sebagai salah satu member TIKI SERLOK, saya merasakan langsung bagaimana nilai tambah yang diberikan sangat mendukung kebutuhan pelaku UMKM,” tuturnya. (ibs)

Exit mobile version