Bakal Suplai Energi Listrik 10 MW, Ini Progres Bendungan Bener Karya Brantas Abipraya

Bakal Suplai Energi Listrik 10 MW, Ini Progres Bendungan Bener Karya Brantas Abipraya - bantas - www.indopos.co.id

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja memastikan pengerjaan Bendungan Bener di Purworejo, Jawa Tengah dengan didampingi Plt. Dirjen SDA Kementerian PUPR Jarot Widyoko dan Dirut Brantas Abipraya Sugeng Rochadi. Foto: Dok. Brantas Abipraya

INDOPOS.CO.ID – Memastikan pengerjaan Bendungan Bener di Purworejo, Jawa Tengah berjalan dengan lancar, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan kerja dengan didampingi Plt. Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Jarot Widyoko dan Direktur Utama Brantas Abipraya Sugeng Rochadi, Minggu (4/6). Ditargetkan rampung akhir 2024, bendungan multifungsi inipun merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Saat ini progress konstruksi pembangunan Bendungan Bener telah mencapai 26 persen. Bendungan ini nantinya dapat menyuplai air baku sebesar 1.500 liter per detik ke Purworejo, Kebumen dan Kulon Progo,” ujar Sugeng Rochadi, Direktur Utama Brantas Abipraya.

Ditambahkan Sugeng, selain itu juga manfaat dari bendungan ini berpotensi menyuplai energi listrik 10 MegaWatt (MW) dan mereduksi debit banjir dari 584 meter kubik/detik menjadi 178 m3/detik (70 persen) pada debit banjir kala ulang 25 tahun. Merupakan bagian dari pembangunan 61 bendungan yang menjadi target Presiden Joko Widodo yang dibangun Kementerian PUPR dari tahun 2015 hingga tahun 2025. Nantinya bendungan ini akan menambah jumlah tampungan air sekitar 92 juta meter kubik dan akan memiliki manfaat mengairi lahan irigasi seluas 15.519 hektar.

Mulai dibangun pada tahun 2018, sesuai arahan dari Bapak Menteri PUPR, Brantas Abipraya akan fokus merampungkan pembangunan bendungan ini dengan mengutamakan aspek kualitas, mutu, kerapihan, keberlanjutan lingkungan dan tentunya safety. Menambahkan keunggulannya, Bendungan Bener ini juga akan berpotensi menjadi lokasi pengembangan sektor perikanan dan meningkatkan pariwisata, karena bendungan ini berlokasi diapit diantara dua bukit.

“Tak hanya itu, bendungan ini juga berfungsi menjadi konservasi DAS Bogowonto di bagian hulu. Dengan banyaknya manfaat yang dimiliki, kami akan kebut pengerjaannya sehingga dapat tuntas tepat waktu dan masyarakat dapat segera merasakan fungsi dari Bendungan Bener. Kami juga akan pastikan bendungan ini tuntas dengan mutu dan kualitas unggul tanpa mengenyampingkan kesehatan dan keselamatan di lapangan,” tutup Sugeng. (srv)

Exit mobile version