Cetak Rekor Kinerja Terbaik Sepanjang Sejarah, Laba PLN Tembus Rp14,4 T

Cetak Rekor Kinerja Terbaik Sepanjang Sejarah, Laba PLN Tembus Rp14,4 T - pln 1 - www.indopos.co.id

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo bersama petugas PLN mengecek kondisi gardu induk di Ungaran. PLN terus meningkatkan keandalan demi memenuhi kebutuhan listrik bagi pelanggan, baik rumah tangga, bisnis maupun industri. Foto: Dokumen PLN

INDOPOS.CO.ID – PT. PLN (Persero) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dalam rangka penyampaian laporan tahunan dan laporan keuangan tahun buku 2022 di Jakarta pada Rabu (7/6/2023).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menjelaskan, pada RUPS tahun ini PLN melaporkan kinerja keuangan tahun buku 2022, dimana PLN kembali mampu mencetak rekor kinerja terbaik sepanjang sejarah, meskipun di tengah situasi pasca pandemi dan pelemahan nilai tukar rupiah.

Laba PLN meningkat dari Rp13,1 triliun pada tahun 2021 menjadi Rp14,4 triliun pada tahun 2022. Kinerja keuangan tersebut berhasil dicapai setelah PLN berhasil meningkatkan penjualan listrik sebesar 6,3 persen dari 257,6 TWh pada tahun 2021, menjadi 273,8 TWh pada tahun 2022.

“Capaian ini tentu bukan sekadar angka. Di balik itu semua ada arahan dan bimbingan Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir dan Wamen I BUMN, Bapak Pahala Mansury,” ujar Darmawan.

Tak hanya itu, dukungan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian Keuangan, serta kerja keras seluruh insan PLN yang melakukan transformasi dengan fondasi digitalisasi juga bagian dari pihak yang memiliki andil terhadap capaian ini.

“Kami akan terus melanjutkan transformasi untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan,” tutur Darmawan.

Dengan arahan serta bimbingan Menteri BUMN yang proaktif mengawal PLN dari level strategis hingga teknis di lapangan, pihaknya optimistis seluruh desa di Indonesia bakal terlistriki 100 persen pada tahun 2024. Selain daerah 3T, PLN juga siap memenuhi kebutuhan listrik untuk sektor produktif seperti industri dan bisnis.

Darmawan memastikan PLN pun semakin siap menjalankan transisi energi untuk mengurangi pemanasan global dan memastikan kehidupan yang lebih baik bagi generasi di masa mendatang. PLN pada tahun ini akan memaksimalkan pengembangan EBT di Tanah Air.

Wakil Menteri I Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pahala Nugraha Mansury menilai capaian terbaik PLN selama 2022 tak lepas dari upaya transformasi yang dilakukan perseroan selama tiga tahun terakhir ini.

“Kami dari Kementerian BUMN, sebagai wakil pemerintah tentu menyampaikan apresiasi kepada seluruh Direksi, Komisaris dan seluruh pegawai PLN yang telah bekerja keras sehingga bisa menghasilkan kinerja terbaik bagi perusahaan,” tuturnya, usai melakukan RUPS.

Khususnya dalam memberikan multiplier effect kepada masyarakat, Pahala mengapresiasi PLN yang terus berupaya menghadirkan listrik andal, bahkan sampai ke daerah 3T. Oleh karena itu, ia mendorong PLN untuk terus melanjutkan transformasi. (rmn)

Exit mobile version