RUPST Elnusa Setujui Pembagian Dividen Rp189 Miliar dari Laba Bersih

elnusaaa

PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022 di Jakarta pada Selasa (6/6/2023). Foto: Dokumen Elnusa

INDOPOS.CO.ID – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2022 di Jakarta pada Selasa (6/6/2023).

Corporate Secretary Elnusa, Asmal Salam mengatakan, 2022 adalah tahun dimana Elnusa berhasil bangkit dari tekanan yang melanda sejak pandemi 2020. Perseroan membukukan pendapatan usaha Rp12,3 triliun pada 2022, naik 51 persen dibanding tahun 2021 sebesar Rp8,1 triliun.

Sedangkan laba bersih Rp378 miliar atau tumbuh substantial 248 persen dibanding tahun 2021 yang hanya Rp108 miliar. Perolehan ini didorong atas peningkatan di semua segmen bisnis Perseroan seiring dengan peningkatan aktivitas hulu migas dan kebutuhan BBM industri maupun masyarakat.

“Atas pencapaian ini, RUPST menyetujui pembagian dividen Rp189 miliar atau 50 persen dari laba bersih tahun buku 2022. Pembagian ini setara dengan Rp25,90 per saham dan sisanya akan menjadi laba ditahan atau retained earning Perseroan,” ujar Asmal.

Asmal menambahkan, dalam RUPST, sesuai dengan usulan dari pemegang saham pengendali terkait dengan mata acara perubahan susunan pengurus perseroan, RUPST menyetujui pergantian pengurus Perseroan.

Elnusa mengganti Direktur SDM & Umum Elnusa dari yang sebelumnya Tenny Elfrida, menjadi Hera Handayani, serta mengangkat kembali Agus Prabowo sebagai Komisaris Utama Elnusa.

RUPST ini membahas lima hal, pertama persetujuan laporan tahunan 2022 termasuk di dalamnya laporan pengawasan dewan komisaris dan pengesahan laporan keuangan perseroan yang berakhir pada 31 Desember 2022. Kedua, penetapan penggunaan laba bersih perseroan tahun buku 2022.

Ketiga, penetapan tantiem tahun 2022 dan remunerasi tahun 2023 bagi anggota direksi dan dewan komisaris. Keempat, penunjukan akuntan publik untuk melakukan audit laporan keuangan tahunan Perseroan tahun buku 2023, serta terakhir persetujuan perubahan susunan pengurus Perseroan. (rmn)

Adapun efektif setelah ditutupnya RUPST, susunan pengurus Perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS:
Komisaris Utama: Agus Prabowo
Komisaris: Wakhid Hasyim
Komisaris Independen: Lusiaga Levi Susila
Komisaris Independen: Hernawan Bekti Sasongko

DIREKSI:
Direktur Utama: John Hisar Simamora
Direktur Keuangan: Bachtiar Soeria Atmadja
Direktur Operasi: Charles Harianto Lumbantobing
Direktur Pengembangan Usaha: Ratih Esti Prihatini
Direktur SDM & Umum: Hera Handayani

Exit mobile version