Tak Hanya Beri Dampak Sosial, CSR Juga Harus Selaras dengan Strategi Bisnis

Tak Hanya Beri Dampak Sosial, CSR Juga Harus Selaras dengan Strategi Bisnis - top csr - www.indopos.co.id

Ketua Penyelenggara Top CSR Awards 2023, M. Lutfi Handayani yang juga Pemimpin Redaksi majalah Top Business. Foto: Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Penghargaan CSR yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia, yakni Top CSR Awards 2023 telah diselenggarakan di Jakarta, Rabu (7/6/2023). Adapun acara ini mengangkat tema ‘CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth’.

Melihat tema yang diangkat, berarti CSR tak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan, tapi juga harus selaras dengan strategi bisnis, serta mendukung pencapaian target bisnis, agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

Ketua Penyelenggara Top CSR Awards 2023, M. Lutfi Handayani, sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Top Business mengatakan, tema kali ini penting untuk perusahaan yang mengimplementasikan CSR di Indonesia.

“CSR harus selaras dengan strategi bisnis perusahaan dan kesinambungan perusahaan,” ujarnya.

Lutfi mengatakan, kegiatan ini diikuti 900 perusahaan di Indonesia. Sebanyak 188 perusahaan yang mendaftar dan 174 perusahaan yang mengikuti penilaian secara lengkap. Jumlah ini meningkat 17,2 persen dibanding tahun 2022 lalu.

“TOP CSR Awards bukan sekadar kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan semata, namun mengandung banyak proses pembelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas CSR perusahaan,” katanya.

Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM), Ego Syahrial mengatakan, CSR merupakan pertanggungjawaban yang harus dilakukan melalui berbagai program kemasyarakatan.

“Sehingga, ada dampak ekonomi dan lain-lain atau pun mendukung pembangunan berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Raliantoro mengatakan, saat ini dunia ada di masa kerusakan eksponensial, setelah lama ada di fase pertumbuhan eksponensial yang dipicu oleh Revolusi Industri.

“Dalam lingkup tersebut, CSR adalah (sarana) pemberdayaan masyarakat. Dan masyarakat perlu diedukasi untuk belajar menyelesaikan problemnya dalam jangka panjang,” kata dia.

Selain itu, Ketua Dewan Juri Top CSR Awards 2023, Mas Achmad Daniri memaparkan sejumlah hal penting mengenai proses penilaian dan penjurian di Top CSR Awards, di antaranya faktor keselarasan inisiatif CSR terhadap strategi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan.

Termasuk juga ada penghargaan kategori Top Leader on CSR Commitment 2023. Ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada pimpinan perusahaan yang dinilai berkomitmen tinggi dalam mendukung kebijakan dan implementasi CSR di perusahaannya. (ibs)

Exit mobile version