Sebanyak 43% Jumlah Pembelian E-commerce di Indonesia Berasal dari 14% Pembeli yang Rajin Berbelanja Online

Sebanyak 43% Jumlah Pembelian E-commerce di Indonesia Berasal dari 14% Pembeli yang Rajin Berbelanja Online - ninja xpress - www.indopos.co.id

kiri ke kanan : Andi Djoewarsa (Chief of Marketing Officer ninja Express), Yeri Arfiani (Owner Calla the Label), Tami (Owner Caumbel), dan Subarkah Dwipayana (Head of marketing Ninja Express).

INDOPOS.CO.ID – Ninja Xpress, perusahaan logistik berbasis teknologi di Indonesia telah bermitra dengan Geopost untuk merilis Suara UKM Negeri Vol 3 mengenai masa depan e-shoppers atau pembeli online. Bagaimana masa depan e-shoppers di Indonesia? Studi ini dilakukan pada lebih dari 1.500 pembeli online dan juga wawancara mendalam kepada lebih dari 65 pembeli online untuk memberikan penjelasan tentang kelompok pembelanja online yang aktif, yang selanjutnya disebut sebagai e-shopaholics.

Pada tahun 2022, 74% orang di Asia Tenggara adalah pengguna internet. Di mana 86% diantaranya adalah e-shoppers. Sementara, untuk penggila belanja online atau e-shopaholics mencapai 14% dari populasi pembelanja online di Indonesia, dan mereka bertanggung jawab atas 43% dari total pembelian e-commerce.

Berdasarkan hasil riset, sebagian besar e-shopaholics adalah pengguna awal belanja online. Di Indonesia belanja online dimulai pada tahun 1999 saat Andrew Darwis mendirikan forum jual beli bernama Kaskus, lalu disusul dengan kehadiran platform Bhinneka.com.

Belanja online tumbuh di tahun 2000-an, dengan munculnya beberapa e-commerce. Selama tahun 2010-an, semakin banyak platform e-commerce lokal dan internasional masuk ke pasar Indonesia yang menawarkan berbagai produk dan kategori. Berbagai promosi, diskon, dan layanan pengiriman yang mudah juga dihadirkan, sehingga mendorong minat masyarakat untuk melakukan belanja online.

Selain itu, beragam inovasi juga terus dihadirkan, seperti pembayaran digital, program loyalitas, hingga penggunaan kecerdasan buatan untuk meningkatkan pengalaman belanja online. Dengan demikian, e-shopaholics ahli dalam menavigasi ekosistem e-commerce dan sangat mahir dalam menavigasi berbagai platform pembelian untuk membeli apa yang mereka inginkan.

“Berpengalaman dalam seluk-beluk belanja online, para e-shopaholics memiliki standar yang jauh lebih tinggi daripada pembeli online pada umumnya – mulai dari penelusuran awal hingga menerima paket setelah mengklik produk di e-commerce. Setiap tahap sangat penting untuk memastikan kesetiaan e-shopaholics. Melalui Suara UKM Negeri Vol. 3 ini, Ninja Xpress berharap dapat memberikan penjelasan mengenai e-shopaholics untuk mempersiapkan UKM Indonesia saat kita memasuki perjalanan e-commerce berikutnya,” jelas Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress.

Riset Suara UKM Negeri Vol. 3 mengeksplorasi perilaku belanja para e-shopaholics, dengan empat ciri-ciri besar yaitu:

1. Impressionable : Keputusan pembelian para e-shopaholics sangat dipengaruhi oleh media sosial dan influencer.

2. Invested : e-shopaholics menghabiskan banyak waktu untuk riset produk dan membaca ulasan di berbagai platform.

3. Savvy : e-shopaholics sering berbelanja online, di berbagai kategori produk dan sangat mahir dalam menggunakan berbagai jenis platform.

4. Loyal : e-shopaholics memiliki standar yang jauh lebih tinggi daripada pembelanja online pada umumnya. Mulai dari awal hingga menerima paket setelah klik dan tap, setiap tahap sangat penting untuk memastikan kesetiaan seorang e-shopaholics.

Melalui Suara UKM Negeri Vol. 3, Ninja Xpress menegaskan kembali komitmen kami untuk memahami lanskap yang terus berubah dalam rangka memberikan solusi pengiriman tanpa kerumitan kepada para penjual e-commerce yang dapat meningkatkan bisnis UKM melalui:

1. Creative business solutions: Layanan photo video product, endorsement, hingga live selling di berbagai platform. Hal ini menjawab kebutuhan akan Impressionable, Invested, dan Savvy pada e-shopaholics. Layanan Creative business solutions dilakukan tanpa berbayar untuk UKM yang mengirimkan barang melalui Ninja Xpress.

UKM dan komunitas di Jakarta dapat mengunjungi dan menggunakan berbagai fasilitas di Creative Hub Ninja Xpress Jakarta yang berlokasi di Jl. Pejaten Barat I No.1A RT.2/RW.8, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12510.

2. Sellercraft : alat manajemen pesanan online, Seller Wizard dari Sellercraft memastikan bahwa bisnis UKM tidak akan pernah kehilangan pesanan atau pelanggan dengan satu akun untuk berbagai platform. (srv)

Exit mobile version