Pendekatan Startup di Lapangan, Tentukan Solusi Kebutuhan Target Pasar

startup

Ilustrasi startup. Foto: Kemenkominfo untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Butuh pendekatan langsung ke lapangan untuk menentukan masalah dan solusi. Dengan mengenali perilaku dari user atau target pasar.

Pernyataan tersebut diungkapkan Founder Palcomtech Group, Hendri dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/7/2023).

Ia mengatakan, setiap masalah yang dihadapi pelaku usaha selalu ada solusi. Tentu solusi yang dibutuhkan harus tepat sasaran atau target pasar.

“Pertanyaan selama ini, apakah solusi tersebut sudah tepat bagi target pasar,” kata Hendri.

Ia menyebut untuk memecahkan masalah harus ada solusi tepat untuk user dan segmennya. Salah satunya dengan profiling user.

“Kita juga penting melakukan hipotesis atas masalah dengan memetakan sesuai langkah-langkahnya,” ungkap Hendri.

“Ada 4 tahapan di antaranya customer interview, develop a solution profile, minimum viable product, dan validate iteration,” tambahnya.

Menurut Hendri, develop a solution profile adalah melakukan list atas solusi yang dibutuhkan, kemudian dibuat buyer personal. Di sini data dari masyarakat penting untuk dijadikan sumber informasi dalam menentukan masalah dan solusi.

“Kita contohkan kasus berupa masalah dan solusi yang sekiranya akan fit untuk diterapkan pada konsep pasar apung,” ucapnya.

Diketahui program #Hack4ID besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui 1.000 Startup Digital menyasar para startup di Sumatera Selatan. Sejumlah ide dan solusi muncul seperti digitalisasi yang bisa dimanfaatkan dengan pembayaran melalui QRIS hingga pembuatan aplikasi belanja online. (nas)

Exit mobile version