Nyaman dan Lengkap, Graha YOAI Dibangun dari Donasi Pelanggan Indomaret dan Yayasan Kursi Putih

Donasi-Indomaret

Penyerahan simbolis donasi pelanggan Indomaret oleh Marcomm Executive Director PT Indomarco Prismatama, Bastari Akmal (kedua dari kiri) dan diterima Ketua YOAI, Rahmi Adi Putra Tahir (tengah) disaksikan oleh perwakilan pelanggan Indomaret, di Graha YOAI, Jl. Kemuning No 58, Jakarta Barat, Rabu (26/7/2023). Foto : Indomaret for indopos.co.id

INDOPOS.CO.ID – Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) meresmikan Graha YOAI yang akan menjadi pusat dukungan untuk anak penderita kanker di Indonesia, Rabu (26/7/2023). Graha YOAI yang berada di kawasan Tomang, Jakarta Barat ini dibangun dari donasi pelanggan Indomaret. Rumah singgah yang terdiri dari tiga lantai ini memperoleh hibah tanah dari Yayasan Kursi Putih.

Selain berfungsi sebagai rumah singgah bagi pasien kanker anak dan pendampingnya yang tengah berobat, Graha YOAI juga akan menjadi pusat kegiatan bagi pasien maupun penyintas kanker anak. Dengan hadirnya gedung baru yang lebih luas dan lengkap, maka aktivitas yang sudah dijalani YOAI selama ini dalam memberikan dukungan untuk pasien kanker anak, dapat lebih maksimal.

“Sejak 2013, kami menyewa rumah untuk menjadi tempat singgah para pasien kanker anak. Kini mimpi kami tercapai. Atas bantuan dari pihak-pihak lain yang peduli dengan aktivitas kami, Graha YOAI dapat menempati gedung baru yang sudah menjadi milik kami sendiri. Kami berterima kasih kepada Indomaret dan Yayasan Kursi Putih, yang berkontribusi besar mulai dari proses pembelian tanah hingga proses pembangunan Graha YOAI,” ujar Ketua YOAI Rahmi Adi Putra Tahir.

Dengan adanya fasilitas gedung baru ini, YOAI berkomitmen untuk terus meningkatkan dukungan kepada anak-anak penderita kanker, mulai dari bantuan pengobatan, rumah singgah, konseling psikologis, sampai mereka sembuh dan siap kembali ke lingkungan mereka.

Menurut Rahmi, dukungan untuk pasien kanker anak tidak hanya sebatas pengobatan. Apalagi, saat ini pengobatan untuk pasien kanker anak mayoritas dijamin oleh BPJS. Yang lebih dibutuhkan oleh pasien dan keluarganya justru bantuan di luar pengobatan seperti rumah singgah yang nyaman, mengingat mereka kebanyakan pasien dari daerah yang harus menjalani pengobatan panjang di RS Kanker “Dharmais” atau RSAB Harapan Kita.

“Graha YOAI menyediakan 15 tempat tidur untuk pasien kanker anak dan pendampingnya yang tengah berobat, di mana mereka kami sediakan fasilitas antar jemput ke rumah sakit, dan kebutuhan pokok. Di sini, anak-anak juga bisa menggunakan fasilitas bermain dan belajar, dan rutin kami sediakan waktu untuk konseling dengan psikolog dokter. Pengobatan kanker yang panjang dan m enyakitkan membuat anak-anak rentan mengelami depresi, sehingga kami mengupayakan mereka bisa tetap bahagia, bisa tetap bermain dan belajar di sini,” tambah Rahmi.

Marcomm Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Bastari Akmal yang hadir meresmikan Graha YOAI mengatakan, pihaknya memiliki berbagai program sosial yang rutin dilakukan, salah satunya program yang mengajak konsumen untuk peduli dan berbagi. Dari donasi pelanggan saat belanja di Indomaret, seratus atau dua ratus rupiah, terkumpul dana yang bisa kami salurkan ke berbagai pihak yang membutuhkan.

“YOAI kami pilih sebagai salah satu penerima donasi karena kami melihat kegiatan mereka sangat mulia, mendampingi anak-anak penderita kanker yang masih menjalani pengobatan, hingga masa pemulihan, khususnya bagi keluarga yang tidak mampu,” katanya.

Sejak 1 April – 31 Juli 2022, dihimpun donasi dari pelanggan Indomaret untuk program peduli kanker anak. Selama empat bulan penggalangan dana, berhasil terkumpul donasi sebesar Rp5.096.361.321.

Melalui kegiatan hari ini, Bastari berharap, masyarakat semakin percaya dan tidak khawatir terhadap penyaluran donasi dari para pelanggan melalui Indomaret. Perolehan donasi yang diberikan dari pelanggan akan tercatat pada struk belanja. “Hari ini juga hadir, perwakilan dari pelanggan Indomaret yang turut meresmikan Graha YOAI ini. Terima kasih Bapak/ Ibu untuk partisipasinya dalam program ini, baik yang berdonasi sambil berbelanja, maupun tanpa belanja,” imbuh Bastari.

Diah Sukma Permata Riani, S.H dari Yayasan Kursi Putih (KUPU) menambahkan bahwa Yayasan Kupu memiliki visi meningkatkan kualitas anak Indonesia dan membangun karakter anak bangsa yang mencintai negaranya, Indonesia dan membantu anak Indonesia mengembangkan potensi dirinya dan membangun generasi muda berkualitas yang mampu bersaing di tingkat Internasional.

“Anak-anak penyintas kanker pun memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk dapat berprestasi meskipun memiliki hambatan, biasanya efek pengobatan jangka panjang di mana mereka dapat tertinggal secara sosial dan pendidikan, atau bahkan menjadi cacat. Visi YOAI sejalan dengan misi kami, mendorong dan memberikan motivasi dan juga sarana agar penyintas kanker anak dapat hidup normal bahkan berprestasi seperti anak-anak lainnya,” ungkapnya.

YOAI dan Kanker Anak

Data Riskesdas 2013 menunjukkan prevalensi kanker pada anak usia 0-14 tahun mencapai lebih dari 16.000 kasus. Tiga kanker pada anak yang tercatat paling banyak adalah leukemia, retinoblastoma, dan osteosarkoma. Kanker anak tidak dapat dicegah, namun dapat disembuhkan jika ditemukan dan diterapi sejak dini.

Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) didirikan oleh beberapa orang tua yang memiliki anak dengan kanker, pada 24 Mei 1993. Tujuan para pendiri YOAI adalah membantu orang tua lain yang bernasib sama, terutama dalam bantuan pengobatan karena di saat itu pengobatan kanker masih sangat mahal dan belum ada program JKN.

YOAI pun melihat bahwa dalam penanganan kanker masih banyak kendala, seperti kurangnya pengetahuan masyarakat tentang gejala dini kanker pada anak, terbatasnya jumlah tenaga kesehatan, dan bebas materi maupun sosial di keluarga. YOAI mencoba memberikan edukasi kepada masyarakat maupun tenaga kesehatan melalui berbagai kegiatan seperti seminar tentang kanker pada anak.

Graha YOAI

Graha YOAI adalah pusat kegiatan kreatif bagi pasien kanker anak dan pendampingnya, sekaligus menjadi pusat kegiatan kreatif relawan YOAI dalam mendampingi pasien kanker anak. Fungsi utama Graha YOAI adalah menjadi rumah singgah bagi pasien kanker anak dari daerah yang tengah menjalani pengobatan di Jakarta, menjadi sarana bermain dan belajar bagi mereka, sekaligus rumah konseling untuk pasien dan keluarganya.

Fasilitas yang tersedia di Graha YOAI berupa ruang tidur dengan dimensi luas dan memadai yang bisa mengakomodir hingga 15 pasien, ruang bermain yang diharapkan memfasilitasi gerak motorik pasien kanker anak, ruang multimedia untuk fasilitas belajar, ruang konseling dan ruang serbaguna untuk aktivitas bersama.

Graha YOAI yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan dan hemat energi ini, dapat berdiri atas sumbangan berbagai pihak, yaitu Indomaret, Yayasan Kursi Putih, dan donatur lainnya seperti Bank BRI, Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Zap Premiere Puri Indah, Central Park dan Kota Kasablanka, Bank Mandiri, Kalbe Farma , dan donatur pribadi.

Tentang Indomaret

Minimarket Indomaret menyediakan kebutuhan pokok dan sehari-hari. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara tahun 1988. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai.

November 2016 Indomaret menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo sebagai “Perusahaan Waralaba Utama”. Sebelumnya, tahun 2003 penghargaan yang sama diterima dari Presiden Megawati Soekarnoputri.

Tahun 2017 keempat kalinya Indomaret meraih penghargaan tingkat Asia Pasifik. Dua penghargaan dinobatkan kepada Indomaret, “Gold Award” sebagai Peringkat 1 Top 10 Retailers di Indonesia & Best-of-the-Best Top Retailers Asia Pacific. Penghargaan dari Majalah Retail Asia ini berdasarkan riset dan analisa yang dilakukan oleh Euromonitor, lembaga riset pasar strategis terkemuka di dunia.

Hingga Juni 2023, Indomaret mencapai 21.972 toko, tersebar di Jawa, Bali, Lombok, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sumatera, Batam, Sulawesi, Papua dan Kalimantan. Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.

Indomaret melayani payment point berbagai merchant/ biller (transportasi, multi finance, e-commerce, PDAM, dan lain sebagainya). Untuk memudahkan dalam transaksi belanja dan pembayaran payment point, Indomaret memiliki alat pembayaran virtual yaitu i.saku yang memberikan promosi dan keuntungan yang menarik. Memberikan kemudahan pelanggan, Indomaret menyediakan program membership Indomaret Poinku yang dilengkapi dengan beragam fitur menarik. Tak hanya belanja secara langsung di toko, pelanggan dapat lebih mudah belanja melalui aplikasi online Klik Indomaret. Mengembangkan inovasi yang memudahkan pelanggan, Indomaret hadir sebagai minimarket pertama yang melayani sistem drive thru. (srv)

Exit mobile version